-->

Wabup Kapuas Hulu: Gawai Dayak Merupakan Wujud Rasa Syukur dan

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Pembukaan Gawai Dayak di Desa Jerenjang, Kecamatan Seberuang Tahun 2022
Kapuas Hulu, Kalbar -  Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, membuka Gawai Dayak di Desa Jerenjang, Kecamatan Seberuang Tahun 2022. Rabu (25/05/2022). 

Dalam sambutannya, Wahyudi Hidayat menyampaikan Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat Adat Dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun.

"Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat Adat Dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun pertanian yang telah kita lewati, baik berupa kesuburan tanah, kesehatan bagi seluruh warga masyarakat maupun hasil pertanian yang kita peroleh, wujud rasa syukur ini layak kita nyatakan, karena hanya atas kemurahan tuhan, semua itu dapat kita peroleh," ujarnya 

Wakil Bupati tersebut mengimbau untuk memahami pesta panen atau Gawai Dayak, tidak di indentikan dengan pesta pora,  Gawai Dayak harus kita maknai, bahwa Tuhan sang pemberi rejeki.

"Sebagai umat beriman, pada kesempatan ini saya ingin mengajak kita semua untuk memahami pesta panen atau Gawai Dayak, tidak di indentikan dengan pesta pora,  Gawai Dayak harus kita maknai, bahwa Tuhan sang pemberi rejeki, sungguh maha baik bagi kita, era sekarang, menuntut kita untuk dapat mengelola seluruh potensi yang ada pada diri kita untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama, disamping apa yang saya kemukakan di atas, Gawai Dayak juga  dapat dimaknai bagaimana masyarakat adat menjaga dan melestarikan seni budaya peninggalan lelurur kita," tuturnya 

Wahyudi Hidayat juga mengajak masyarakat agar dapat mengambil bagian dan peran penting dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan instansi terkait akan berupaya  maksimal untuk melakukan inventarisasi kebudayaan daerah yang masih hidup, tumbuh dan terjaga keasliannya, termasuk salah satunya adalah pesta gawai ini, yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh sub Suku Dayak di Kabupaten Kapuas Hulu. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua dapat mengambil bagian dan peran penting dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu untuk menuju Kapuas Hulu yang Harmonis, Energik, Berdaya saing, Amanah dan Terampil atau Kapuas Hulu HEBAT," paparnya.

Kegiatan lainya, Wakil Bupati Kapuas Hulu juga menutup acara pertandingan yang ada di Desa Jerenjang, Kecamatan Seberuang, Sekaligus membagikan hadiah kepada para juara yg mengikuti pertandingan beberapa olah raga yang diselenggarakan pada kesempatan tersebut. (fd). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini