-->

Penanganan Karhutla di Kalbar Dibahas Hingga ke Eropa

Editor: Redaksi
Sebarkan:
FOTO: humas Polda Kalbar 
MADRID, suaraborneo.id – Penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dialami Provinsi Kalimantan Barat di tahun 2019 membawa Provinsi Kalbar turut menjadi pembicara dalam acara Konferensi Perubahan Iklim 2019 yang diadakan di Madrid, Spanyol. Kapolres Sambas, AKBP Permadi Syahids Putra ditunjuk Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono untuk mewakili Provinsi Kalimantan Barat menjadi narasumber. 

Konferensi yang berlangsung pada tanggal 9 Desmber 2019 bertempat di United Nations Climate Change Madrid Spain, hadir juga pada kegiatan ini Wakil Menteri LHK, Dr. Alue Dohong.

AKBP Permadi Syahids menyampaikan dalam sambutannya saat menjadi narasumber dihadapan para peserta konferensi, bahwa Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan terbaik dalam penanganan karhutla oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

“Penanganan Karhutla di Provinsi Kalbar yang menurut penilaian dari menteri KLHK , merupakan yg terbaik penanganan Karhutlanya. Ini karena kami di Provinsi Kalbar melakukan sinergri dari unsur Polri, TNI, Pemerintah, Mangga Agni dan Masyarakat untuk bersama sama terjun langsung melakukan penanganan karhutla,” ucapnya. 

AKBP Permadi juga mengungkapkan, bahwa edukasi terhadap masyarakat tentang pencegahaan atau membuka lahan tanpa dibakar terus dilakukan sampai saat ini dan beberapa program yang sudah dibentuk untuk menghindari kebakaran hutan.

“Kami lakukan pencegahan dan mitigasi karhutla dengan metode bertani tanpa bakar (PLTB) yang dilaksanakan oleh Polres Sambas bekerja sama dengan Badan restorasi gambut Indonesia (BRG),” lanjutnya. 

Dalam kesempatan ini, dihadapan para peserta konferensi dunia AKBP Permadi juga menjelaskan strategi Polda Kalimantan Barat untuk mencegah Karhutla. 

“Polda Kalimantan Barat memiliki Operasi Kepolisian dengan sandi 'Bina Karuna 1' dimana operasi ini melakukan imbauan, dilanjutan dengan 'Bina Karuna 2' hingga Operasi Kontijensi jika memang ada titik api,” jelasnya. 

Dalam kegiatan konferensi perubahan iklim 2019 ini juga diadakan sesi sharing dan tanya jawab terkait iklim yang dihadapi dunia.

Sumber: Polda Kalbar
Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini