Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI Pontianak Melaksanakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk Mahasiswa.

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama setelah kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah 
PONTIANAK, Suaraborneo.id -  Dalam rangka meningkatkan kompetensi karya tulis, Program studi Bimbingan dan Konselinig IKIP PGRI Pontianak telah berhasil melaksanakan pelatihan Karya tulis Ilmiah (KTI) selama dua hari pada tanggal 5-6 Maret 2024.

Acara ini dilaksanakan di room meeting IKIP PGRI PONTIANAK dengan peserta sebanyak 29 Mahasiswa semester VII dengan menghadirkan narasumber Dosen BK terdiri Dr. Uray Herlina, M.Pd, Dr. Rustam, M. Pd. Kons, , Dr. Hastiani, M.Pd, Hendrik, M. Pd, Galuh Hartinah, M.Pd dan Toni Elmansyah, M. Pd. dengan tema meningkatkan kompetensi  karya tulis dan publikasi ilmiah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling.



Pelatihan karya tulis Ilmiah ini konsisten dilaksanakan dan menjadi program rutin tahunan dengan tujuan agar mahasiswa mempersiapkan diri untuk menyelesaikan tugas akhir “skripsi” yang dibebankan kepada mahasiswa agar karya dan publikasi yang dihasilkan berkualitas. 

 Selain itu, pelatihan karya tulis ilmiah kali ini  diharapkan dapat mempersiapkan mental mahasiswa menghadapi beberapa kemungkinan kendala-kendala yang akan dihadapi pada saat menyusun tugas akhir (skripsi) dan publikasi nantinya. 

Materi yang diangkat dalam pelatihan meliputi; 1) Prosedur dan sistematika Usulan Penulisan skripsi, 2) Penelitian Kuantitatif, 3) Penelitian Kualitatif, 4) Penelitian Mix Method,  5) Penyusunan Artikel Ilmiah serta 6) Pentingnya Keaslian Karya melalui Prosedur Check Plagiarisme.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (F. IPPS) bapak Eka Jaya Putra Utama, M. Pd.

Dalam sambutannya, beliau sangat mendukung kegiatan ini. “Kegiatan ini merupakan kegiatan produktif, karena menghasilkan keterampilan yang diperoleh bukan hanya untuk kebutuhan penyelesaian studi, namun juga berguna nantinya dalam memenuhi tugas menjadi guru (menghasilkan karya tulis ilmiah)”, tutur Eka Jaya Putra Utama, M. Pd.

Panitia Martin, M.Pd. juga menyampaikan dan memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan berpesan setelah mengikuti kegiatan ini  agar menyegerakan diri mengatur strategi dan segera memulai untuk mengusulkan judul penelitian, yang tentunya menyesuaikan dengan jenis penelitian yang benar-benar di pahami.

" Yang tidak kalah pentingnya adalah mempublikasikan karya ilmiah yang dibuat dalam bentuk artikel, akan lebih baik jika dipublikasikan dalam bentuk buku-buku hasil penelitian," pesan Martin, M.Pd.

Kemudian Sekretaris program Studi Tony Elmansyah M. Pd dalam sambutannya juga mengatakan bahwa salah satu hal penting adanya kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa dalam penyelesaian studi, menyemangati mahasiswa agar segera bergerak untuk menyusun rancangan penelitian, dan berharap bulan Oktober 2024 ini semua sudah bisa di wisuda.

"Kegiatan ini dinilai sukses, dapat dilihat dari antusiasnya peserta mendengarkan dan mengajukan pertanyaan yang variatif. Peserta dapat menghasilkan karya rancangan penelitian yang didampingi oleh dosen,"ucap Tony Elmansyah M.Pd.

Pada hari kedua, mahasiswa terlibat untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan dalam menyusun artikel dan mendapatkan gambaran cara mengecek plagiasi artikel.

 Pada rangkaian kegiatan brainstorming, mahasiswa saling bertukar pendapat hal penting yang harus dilakukan ketika mengalami kendala saat menjalani proses penyusunan tugas akhir.

Pada penutupan kegiatan ketua panitia Amelia Atika, M. Pd menyampaikan selamat kepada mahasiswa telah melalui rangkaian kegiatan dengan baik, penuh antusias dan mengucapkan selamat berjuang untuk menyelesaikan tugas akhir. 

Samahalnya dengan ketua Program Studi, Kamaruzzaman, M. Pd juga mengucapkan selamat dan sukses atas antusiasnya mengikuti kegiatan.

 “Siapkan mental untuk berjuang, jalani dan jangan lupa saling mendukung sesama mahasiswa, berbagi informasi, berbagi literatur dan saling menguatkan jika ada kendala dalam penyusunan tugas akhir (skripsi) nantinya," pesan ketua program studi periode 2023-2028.


Penulis: Martin, M.Pd

Editor :  Anton


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini