KPU Kabupaten Landak Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Gudang-Gudang di Kecamatan

Editor: Antonius
Sebarkan:

Mobil membuat logistik Pemilu siap diberangkatkan (foto Sabat)

LANDAK , Suaraborneo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak telah memulai proses distribusi logistik pemilu berupa kotak suara dan surat suara ke gudang-gudang di tingkat Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Landak pada Kamis (08/02/2024).

Pada hari pertama pengiriman, prioritas diberikan kepada kecamatan-kecamatan yang jauh, termasuk Kecamatan Kuala Behe, Kecamatan Meranti, Kecamatan Air Besar, dan Kecamatan Sebangki.

"Empat kecamatan ini dipilih terlebih dahulu karena bukan hanya merupakan kecamatan yang terjauh, tetapi juga memiliki wilayah-wilayah desa tempat beberapa TPS sulit dijangkau. Oleh karena itu, keempat kecamatan ini menjadi prioritas," jelas Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Syarifuddin Budi, saat melakukan pelepasan secara simbolis.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dan pihak keamanan TNI/Polri yang telah membantu proses distribusi logistik pemilu ini hingga ke tingkat kecamatan, untuk memastikan bahwa logistik pemilu yang dikirim dapat tiba di wilayah tujuan dalam kondisi baik.

"Dalam pengawalan yang luar biasa ini, saya melihat bahwa teman-teman TNI/Polri terlibat aktif dalam memastikan jumlah, sasaran, dan kualitas logistik pemilu tepat, demi memastikan bahwa logistik pemilu tiba di tempat-tempat pemungutan suara sesuai dengan undang-undang H-1 di seluruh wilayah Landak dan Indonesia," tambahnya.

Menanggapi adanya daerah-daerah yang rawan terjadinya banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Landak, Muhammad Syarifuddin Budi mengatakan bahwa semua kebutuhan penting pemilu dan logistik penunjang lainnya sudah terpenuhi di seluruh wilayah Kalimantan Barat, termasuk Kabupaten Landak, meskipun terdapat beberapa kendala dalam beberapa proses, seperti kekurangan logistik dan kerusakan logistik.

"Sejauh yang kami amati, jika terjadi kejadian-kejadian tersebut dalam tiga hari menjelang pemilu, kami masih dapat mengatasinya, kami masih dapat melayani berdasarkan pengalaman tata kelola logistik di masa lalu. Jadi, kami yakin bahwa semua kebutuhan logistik dapat kami penuhi sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan oleh undang-undang untuk melaksanakan pemilu dengan baik," paparnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Landak, Samuel, yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan dan Politik Kabupaten Landak, Samsul Bahri, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Landak mendukung sepenuhnya kegiatan dan proses pelaksanaan pemilu. 

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah daerah telah memastikan bahwa seluruh kegiatan pemilu dapat berjalan dengan baik, mulai dari dukungan pendidikan politik, sosialisasi, hingga pemasangan baliho dan ajakan-ajakan untuk memilih pada tanggal 14 Februari mendatang.

"Dalam hal penyaluran logistik ini, pemerintah memastikan adanya koordinasi antara Forkopimda untuk mengatasi kesulitan dan kendala yang mungkin timbul. Pada prinsipnya, pemerintah siap mendukung proses penyaluran logistik dan hal-hal lainnya," jelas Samsul Bahri.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Landak untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi ini dan tetap menjaga keamanan di wilayah masing-masing selama pemilu berlangsung.

"Kami telah melakukan himbauan. Di setiap kecamatan, kami juga telah memasang himbauan terkait pemasangan baliho dan sebagainya. Untuk ASN, kami telah mengingatkan mengenai netralitasnya di 13 kecamatan," kata Samsul Bahri. (Anton).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini