Penancapan Tiang Pertama Pembangunan Rumah Betang Urang Unsa

Editor: Redaksi Pontianak
Sebarkan:

 Penancapan tiang pertama pembangunan rehabilitasi rumah Betang Lunsa Hilir Foto:pkm

Kapuas Hulu,
  Kalbar - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penancapan tiang pertama Pembangunan Rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Minggu (09/07/2023).

Kelompok Pelestari Adat Lunsa Hilir, Naigi mengatakan, penancapan tiang dilakukan dengan Porsesi adat Dayak Taman Kapuas. 

" Kegiatan itu dilakukan dengan prosesi adat Dayak Taman Kapuas sesuai tradisi Dayak Taman, tancap betang selalu ada ritual, kali ini Pemda Kapuas Hulu harus menancapkannya lewat pak Bupati," ujarnya 

"Selama ini pembangunan telah berjalan baik, kami berterimakasih kepada Pemerintah Pusat, pak Bupati dan pak Lasarus, yang telah membangun bagian kedua rumah betang kami ini," ungkap Naigi. 

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan keinginan renovasi atau rehabilitasi cagar budaya Betang Lunsa ini sudah lama disuarakan masyarakat. 

" Pada waktu kunjungan pak Menteri bersama pak Lasarus sengaja dibawa ke betang Lunsa Hilir, Kehadiran mereka dapat melihat keperluan renovasi, puji Tuhan ini diperhatikan Pemerintah Pusat," ungkapnya 

"Berkat ini perlu kita syukuri, banyak betang di Kapuas Hulu namun betang ini bisa dapat perhatian," imbuhnya. 

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini berharap pembangunan rehabilitasi rumah Betang Lunsa Hilir dapat selesai tepat waktu. 

" Masyarakat setempat dan pihak pelaksana juga harus saling mendukung, Bila terealisasi nanti kita usahakan pak Menteri PUPR dan pak Lasarus datang ke sini, sekaligus melihat beberapa pembangunan lain dari Pemerintah Pusat yang masuk ke Kapuas Hulu," pungkasnya. (prokopim/fd)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini