-->

Momen Hari Kartini, Ibu-ibu Kalbar Diharapkan Merubah Mindset

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Peringatan Hari Kartini Tahun 2023 di Gedung Pelayanan Terpadu Aula Garuda Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (11/5/2023). Foto:adpim
PONTIANAK, Suaraborneo.id - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, mengagumi sosok wanita desa yang mempunyai pemikiran luas dan luar biasa dalam memperjuangkan hak - hak wanita Indonesia, yang kini dikenal dengan buah karyanya, yaitu "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang kita kenal dengan nama Raden Ajeng Kartini.

"R.A Kartini memikirkan bangsa dan negara ini agar wanita-wanitanya bisa maju seperti sekarang ini. Jadi sekarang ibu-ibu bagaimana bisa mengubah mindset, artinya banyak berinovasi di dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari," kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, pada acara Hari Kartini Tahun 2023 di Gedung Pelayanan Terpadu Aula Garuda Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (11/5/2023).

Dirinya menerangkan, Inovasi yang dimaksud yakni bagaimana bisa menemukan sesuatu yang tadinya biasa saja bisa menjadi yang luar biasa dan berguna bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Tak hanya itu, pada peringatan hari Kartini Tahun 2023 yang disemarakkan dengan menampilkan fashion show dengan peserta dari Organisasi Wanita di Provinsi Kalimantan Barat.  

"Bahwa dengan kreasi yang ada, tidak hanya anak muda yang bisa tampil di catwalk tetapi ibu-ibu tidak kalah dengan anak muda dan sangat luar biasa dengan kreasi dan gayanya. Saya lihat luar biasa dan saya acungkan jempol untuk ibu PKK Kalimantan Barat dan Dharma Wanita Persatuan Kalimantan Barat. Saya juga berharap agar bagaimana seluruh wanita di Kalbar juga bisa menginspirasi dan memberikan sentuhan kepada masyarakat kita yang sedang memerlukan bantuan, seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu," harapnya.

Kemudian terkait angka stunting, ia berharap wanita - wanita tangguh Kalimantan Barat juga turut berperan aktif khususnya dalam menekan angka pernikahan sejak dini di Provinsi Kalbar.

"Mungkin melalui kegiatan sosial ibu-ibu sekalian yang bisa menyampaikan kepada masyarakat agar angka stunting kita (Kalbar) tidak tinggi. Mudah-mudahan target kita untuk di Tahun 2024 akhir nanti bisa turun di angka 23 persen," harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani peringatan hari kartini yang dirangkaikan dengan fashion show ini untuk menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri dari wanita - wanita Kalbar, dan berperan aktif mendukung pembangunan di Provinsi Kalbar.

"Saya mengapresiasi ibu-ibu yang ada di Kalimantan Barat. Makanya kita mengadakan fashion itu tidak hanya ibu-ibu dari istri pejabat saja, tetapi  juga  ibu-ibu dari organisasi yang ada di Kalimantan Barat. Saya berharap ibu-ibu yang kita ikutkan itu tidak dinilai dari cantik dan pakaiannya saja tetapi bisa tampil dan percaya diri. Untuk ibu-ibu yang masih belum mendapatkan juara agar bisa tampil kembali kedepannya  dan koreksi  kembali," terangnya.

Dirinya juga berpesan kepada wanita yang ada di Kalimantan Barat, harus maju dan tetap memegang teguh kodrat  sebagai ibu dan sebagai istri.

"Suami itu adalah kepala keluarga, Saya kurang sependapat kalau perempuan sederajat dengan laki-laki, karena fitrahnya laki-laki itu tetaplah kepala keluarganya (pemimpinnya)," tegasnya.(adpim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini