-->




Bukit Tilung Punya Daya Tarik untuk Dijadikan Objek Wisata

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Air terjun Cahay Meruo yang ada di Bukit Tilung, Kabupaten Kapuas Hulu. Foto:ist 
Kapuas Hulu, Kalbar - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Fabianus Kasim beserta Rombongan didampingi Masyarakat Dusun Nanga Arong, Desa Nanga Raun, Kecamatan Kalis mengunjungi Air terjun Cahay Meruo yang ada di Bukit Tilung, Kabupaten Kapuas Hulu. Jumat (13/01/2023) Lalu. 

Fabianus Kasim, menyampaikan jika Bukit Tilung mempunyai daya tarik yang sangat tinggi jika dijadikan tempat objek wisata, salah satunya Air Terjun Cahay Meruo yang ada di kaki Bukit Tilung.

"Bukan tanpa alasan, bukit tilung sangat baik untuk dijadikan objek wisata, saya sendiri sudah melihat pontensi itu, jum'at lalu kami mengujungi ke salah satu Air terjun yang berada di kaki bukit tilung, yaitu air terjun cahay meruo, tempatnya sangat indah dan eksotis karena mempunyai daya tarik akan suasana dan keindahan alam nya,  saya rasa turis lokal dan mancanegara akan tertarik untuk datang mengujungi," tuturnya. 

Fabianus Kasim mengatakan, perjalanan menuju kesana cukup menantang, dan tidak cukup jauh hanya kurang lebih 2-3 jam jalan kaki dari dusun Nanga Arong, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan dan rimbunya hutan di jalur pendakian, sangat cocok bagi yang suka mendaki dan akan membuat ketagihan untuk pergi kesana. 

"Jika ada kesempatan lagi saya masih mau kesana, tempat itu sangat indah l," ungkapnya. 

"Saya menghimbau bagi masyarakat luar untuk berpergian ke Air Terjun Cahay Meruo harus seizin dan difasilitasi Tokoh adat setempat, sebab ada atauran aturan adat yang harus dilaksanakan yaitu ritual adat keselamatan pulang dan pergi pengunjung dalam perjalanan," ujarnya. 

Selain itu, Legislator dari Partai Hanura ini juga menyampaikan jika sebelumnya sudah ada sebuah kajian wisata serta master plan di Desa Nanga Raun sebagai dasar untuk pembagunan wisata.

"Dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten  Kapuas Hulu dan kami sebagai anggota DPRD telah melakukan kajian wisata serta master plan desa nanga raun pada umumnya, oleh karena itu sudah menjadi dasar untuk pembagunan wisata" pungkasnya.

Sebagai informasi, Bukit Tilung penuh mistik, mempunyai cerita yang melegenda, bukit ini diyakini sebagi jalannya  para arwah menuju  alam nirwana, cerita  mistik dan relegi  tentang Bukit Tilung bukan hanya terdapat dikalangan masyarakat Desa Nanga Raun, namun ada persamaan cerita di banyak suku Dayak Se-Kalimantan Tentang Bukit Tilung. 

Alam Bukit Tilung diyakini menyimpan gaib dan magis  karena sampai saat ini  banyak kejadian nyata  diluar nalar manusia yang sering terjadi ditengah-tengah kehidupan warga masyarakat Nanga Raun dan sekitarnya. (tim/fd) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini