-->

14 Duta 1000 HPK Tingkat Kecamatan Dikukuhkan

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pengukuhan 14 orang Duta 1000 HPK dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang. Foto:pkm
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang sudah memilih sebanyak 14 orang dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang untuk menjadi duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Tingkat Kecamatan. Sebanyak 14 orang tersebut dikukuhkan menjadi Duta 1000 HPK masing-masing kecamatan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syarief Yasser Arafat di Aula Bappeda Kabupaten Sintang, Selasa (8/11/2022).

Syarif Yasser Arafat mengatakan, dengan dikukuhkannya 14 Duta 1000 HPK diharapkan membantu mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Sintang hingga membantu mencapai target angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 14 persen di tahun 2024.

“Duta 1000 HPK ini sangatah penting dan strategis tugasnya dalam rangka mempercepat penurunan stunting untuk mencapai target nasional sebesar 14 persen di tahun 2024. Terimakasih untuk dukungan semua pihak dan tugas besar juga untuk duta 1000 HPK. Sejak tahun 2017-2021 prevalensi stunting sudah menurun dari 44 persen ke 28 persen," ungkapnya.

Para Duta 1000 HPK akan mendapatkan pelatihan terkait dengan pentingnya gizi dalam 1000 hari pertama kehidupan, kehamilan yang sehat dan tumbuh kembang anak agar dapat berdampak terhadap penurunan angka stunting.

Syarif Yasser Arafat juga berharap dengan adanya Duta 1000 HPK ini dapat membantu merealisasikan Generasi Emas di tahun 2045 dengan mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

“Penurunan angka stunting ini merupakan program pemerintah yang sangat besar, dalam hal ini kita sama-sama membantu menciptakan generasi emas di tahun 2045 dengan upaya menurunkan angka stunting tersebut," tutup Syarief Yasser Arafat.

Maryadi, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang juga menegaskan bahwa di setiap kecamatan akan ada 1 (satu) Duta 1000 HPK yang bertugas membantu TP2S kecamatan maupun desa, menggerakkan semua pendamping desa, serta penyuluh keluarga di desa-desa dengan harapan semua kecamatan memiliki database terkait data stunting.

“Salah satu tujuan adanya Duta 1000 HPK ini diharapkan dapat membantu setiap kecamatan memiliki database yang membantu mempercepat penurunan angka stunting di kabupaten sintang,” jelasnya.

Selain itu, Maryadi mengingatkan bahwa Duta 1000 HPK yang ada disetiap kecamatan ini adalah calon duta yang membantu melaksanakan kampanye atau sosialisasi terkait stunting, membantu menyumbangkan ide pemikiran ke tim TP2S kecamatan maupun desa serta mendampingi setiap pelaporan tim penyuluh desa. (pkm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini