-->




Sutarmidji Sebut, Peran Sekda Sangat Sentral

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji saat membuka kegiatan  Diseminasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalbar. Foto:adpim 
PONTIANAK, Suaraborneo.id – Ditandai dengan ketukan palu, kegiatan Diseminasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalbar dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, Rabu (28/9/2022).

Pada acara yang berlangsung secara hibrid di Hotel Mercure Pontianak tersebut, Gubernur mengungkapkan baik atau tidak jalannya roda pemerintahan, bergantung pada kemampuan Sekda mengendalikan jajarannya.

“Sekretaris Daerah ini ibarat kepala staf. Jadi, pemerintah daerah berjalan dengan baik atau tidak itu tergantung pada Sekda karena mengendalikan seluruh Perangkat Daerah. Kepala Daerah sebagai pembuat kebijakan, sedangkan penanggung jawab utama adalah Sekda, seperti menyusun anggaran yang merupakan tugas Sekda sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” jelas Sutarmidji.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga menegaskan, peran seorang Sekretaris Daerah sangat sentral dalam mengimplementasikan program-program RPJMD dari Kepala Daerah.

“Sekda harus menguasai semua data. Sehingga, dapat merancang capaian-capaian kinerja. Tanpa menguasai data, hasil akhir program apapun yang dibuat tidak akan baik, bahkan cenderung mubazir,” tegas H. Sutarmidji.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekda dari Kabupaten/Kota di Kalbar dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat, Marjani, beserta jajarannya.(wnd/adpim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini