Waspada DBD, Dinkes Sekadau Imbau Masyarakat Terapkan 5M

Sebarkan:
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius.
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sekadau cenderung meningkat. Beberapa faktor yang mempengaruhi meningkatnya kasus DBD diantaranya adalah kepadatan populasi nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor penyakit.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, untuk saat ini Dinas Kesehatan masih menunggu laporan dari pihak rumah sakit terkait adanya kasus DBD di Kabupaten Sekadau.

"Jika sudah ada laporan, kita akan lakukan survei dan langkah kedepannya kita akan bekerjasama dengan Puskesmas untuk melakukan fogging ke daerah-daerah yang terkena kasus DBD," katanya saat di wawancara Suaraborneo.id. Jum'at (24/6/2022) malam.

Henry Alpius juga menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menerapkan 5M yakni, Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, Membuang kaleng bekas dan Menabur bubuk abate ke dalam setiap genangan air.

"Kami menghimbau kepada masyarakat semua agar selalu waspada menjaga kebersihan lingkungan dan memperhatikan kesehatan, jika ada gejala seperti demam segera datang ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan," pungkasnya. (Novi).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini