Bupati KKR dan KKU Teken MOU Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di KM Merawan. II

Sebarkan:

Penandatanganan perjanjian kerjasama kerjasama terkait Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah di Perbatasan Kecamatan Seponti dengan Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar.
Kubu Raya Kalbar, Suaraborneo.id – Pemerintah Darah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Kayong Utara, menandatangani perjanjian kerjasama kerjasama terkait Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah di Perbatasan Kecamatan Seponti dengan Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar. Penandatangan Kesepakatan ini dilakukan diatas Kapal Motor Penumpang (KMP) Merawan II dan tepat di titik nol sungai yang terbentang sepanjang 850 meter antara Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Kayong Utara pada hari Rabu (23/02/2022) kemarin Sore. 

KMP Merawan II ini merupakan angkutan air bagi masyarakat antara Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya dengan Kecamatan Seponti Jaya Kabupaten Kayong Utara. Usai menandatangani kesepakatan antara kedua kabupaten tersebut, kepada media Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menjelaskan tentang pentingnya kerjasama antara pemerintah Kubu Raya dan pemerintah Kayong Utara terutama untuk menciptakan generasi yang jauh berkualitas kedepannya.

“Insya Allah hari ini merupakan titik berangkat kita bersama untuk membuat bagaimana agar kedepan hubungan antara dua kabupaten di Kalbar ini bisa lebih baik dalam memberikan peluang untuk masyarakatnya, sehingga kita sudah berfikir jauh kedepan, supaya misi kedepan itu bagaimana generasi kita di dua kabupaten ini jauh lebih berkualitas,” ucapnya 

Bupati Muda merasa yakin baik pemimpin di Kubu Raya maupun pemimpin di Kayong Utara pasti sama-sama punya tekad dan yang pastinya menanamkan legesi, sehingga mampu memberikan sebuah sesuatu yang berdampak dan dikenang oleh anak cucu kedepannya.

“Hari ini merupakan hari yang mana kita mengukir sejarah dan kita tidak sekedar mengekor sejarah, karena sejarah harus kita fahami dan kita ketahui. Inovasi ini saya bangga kepada inisiatif dari desa-desa dan warga di dua kecamatan ini, karena ini muncul dari rasa panggilan nurani dan tanggungjawab. Sebab diksi tanggungjawab itulah yang kita kedepankan hari ini dan kedepan,” ungkapnya 

Menurutnya, kehadiran KMP Merawan II yang menghubungkan dua kecamatan akan memberikan peluang bagi dua kabupaten ini yang memiliki areal lahan pertanian dan holtikultura yang luas, kemudian memikiki kekuatan sumber ikan, sungai dan sumber pesisir ini tidak akan pernah habis jika benar-benar dimanfaatkan ini berkelanjutan dan benar-benar bisa memberikan dampak yang besar.

“Makanya pada hari ini di tengah-tengah sungai kiat seperti melakukan perjanjuian di atas kapal dan mudah-mudahan ini merupakan tanda yang baik dan harus dikenang sehingga bisa dijadikan langkah besar kita untuk bagaimana membuka peluang yang nanti kedepannya. Saya yakin, ini pemantik untuk kita bersama-sama dari 275 km dari ibukota kecamatan di Kecamatan Sungai Raya ini jauh lebih efektif,” tutup Bupati Muda Mahendrawan. 

Di tempat yang sama, Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengapreasi kepada pemerintah kabupaten Kubu Raya dalam hal ini Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan beserta jajarannya karena telah menyatukan dua kabupaten di tengah sungai di atas kapal Fery Merawan II. Tentunya dengan hadirnya kapal fery ini memberikan kebahagaiaan tersendiri bagi masyarakat Kayong Utara.

“Sebenarnya kami kaget, ternyata kapal fery ini sudah bersandar di dermaga di dua kecamatan ini sambil menunggu adanya kesepakatan kerjasama yang kita lakukan hari ini. Dengan adanya perjanjian kerjasama yang kita lakukan hari ini merupakan monumental tersembunyi, yang mana antara kabupaten Kayong Utara dengan kabupaten Kubu Raya merupakan kesepakatan payung induknya,” ujarnya 

Bupati Citra menambahkan, kedepannya masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga melakukan kerjasama yang selama ini sebenarnya sudah terjalin puluhan tahun, khusunya hubungan dagang.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi di kecamatan Seponti Jaya ini jauh lebih maju dari sebelumnya dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi di kecamatan Batu Ampar kabupaten Kubu Raya luar biasa tidak kalah majunya dengan di kabupaten Kayong Utara,” pungkasnya. (eka)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini