Polres Bengkayang Gelar Rakor Pengamanan Nataru

Sebarkan:

Polres Bengkayang 
Bengkayang Kalbar, Suaraborneo.id – Polres Bengkayang, Polda Kalbar menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), yang diselenggarakan di Aula Tunggal Panaluan Polres Bengkayang, Rabu (22/12/21).

Rakor Linsek ini dipimpin oleh Wakapolres Bengkayang, Kompol Amin Siddiq, SH yang dihadiri oleh para perwaklian dari Forkopimda Kabupaten Bengkayang, Kepala Dinas serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam arahannya, Kompol Amin Siddiq mengatakan masih dalam Covid-19 ada beberapa hal yang harus dilakukan bersama yang mana di momen Nataru mobilitas masyarakat sangat tinggi.

“Tentunya diharapkan kita dapat menekan perkembangan Covid diwilayah kita khususnya di Kabupaten Bengkayang. Juga kita ketahui bersama perkembangan terakhir varian Omicron sudah mulai masuk ke Indonesia,” kata wakapolres.

Kompol Amin Siddiq menerangkan bahwa setelah perayaan keagamaan maupun tahun baru angka kasus selalu bertambah.

“Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya setiap perayaan keagamaan, perayaan tahun baru, setelah itu angka bertambah. Tentu kita tidak mengharapkan dengan adanya Nataru ini ada gelombang ketiga dan keempat yang dampaknya sangat besar bagi masyarakat kita,” terangnya.

Polres Bengkayang sudah melakukan pemetaan ada sebanyak 129 rumah ibadah yang akan melaksanakan Misa yang dimulai pada tanggal 24- 25 serta menjelang Tahun Baru.

“Bapak Presiden kita menargetkan capaian vaksin hingga akhir Desember 70% dan berdasarkan data terkahir berdasarkan data manual, capaian kita mencapai angka 63%,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bengkayang yang diwakili oleh Kadis BMPD2T Bengkayang Dodorikus mengatakan, pertemuan ini sangat baik dan penting untuk dilakukan sekaligus menindaklanjuti pertemuan lintas sektoral yang sudah dilakukan di tingkat Provinsi.

“Vaksinasi harus dicapai 70% sebelum akhir 2021 ini, ini mungkin juga diskusikan langkah-langkah yang harus dilakukan mengingat waktu untuk mencapai target itu tidak banyak lagi,” katanya.

“Disisi lain kita diskusikan cara kerja kita secara terpadu pengamanan Nataru agar natal yang akan kita laksanakan dapat berjalan aman dan lancar juga kegiatan masyarakat menjelang tutup tahun juga berjalan aman dan lancar dan tidak menimbulkan perkembangan baru terkait Covid-19 terutama Varian Omicron,” tambahnya.

Danramil Bengkayang, Kapten Inf Aswani Kunto yang mewakili Dandim 1202 Singkawang mengatakan pengamanan Nataru ini merupakan rutinitas tapi tidak bisa dianggap sepele.

“Pertama kita harus sinergis dalam kegiatan ini baik itu pemerintah daerah dari TNI maupun Polri maupun instansi terkait lainnya harus sinergis saling mengisi dan saling melengkapi,” kata Aswani Kunto.

“Ini masa-masa transisi bulan Desember menuju Januari, masing-masing harus peka terhadap situasi yang ada kondisi cuaca kita tidak boleh lengah menghadapi Nataru ini, cuaca tidak bisa kita minta dan tidak bisa kita tolak. Bencana tahunan yang terjadi yaitu banjir yang harus kita tangani bersama,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama Polres Bengkayang akan menggelar Operasi Lilin Kapuas-2021 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 02 Januari 2022 mendatang. (hms/rinto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini