-->

PDIP Kalbar Siapkan Produk Unggulan di Rakernas dan Peringatan HUT ke-47

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo 
KUBU RAYA, suaraborneo.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Barat siap menyukseskan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47. Salah satu persiapan yang dilakukan ialah mengirim produk-produk unggulan binaan DPD PDIP Kalbar untuk dipamerkan pada saat Rakernas dan peringatan HUT ke-47.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo menjelaskan, produk-produk yang dikirim ini berasal dari berbagai daerah, di antaranya Lidah Buaya dari Kabupaten Landak dan Tengkawang dari Kota Singkawang. Bahkan, ada pula produk buatan warga binaan lembaga pemasyarakatan seperti pupuk organik dan tikar kayu. 

Sujiwo menambahkan, pada saat Rakernas dan peringatan HUT nanti, DPD PDIP Kalbar kebagian empat buah stand pameran. Stand sebanyak itu dikatakannya akan mengikutsertakan 15 orang dan sudah diberangkatkan pada hari ini bersama produk-produk unggulan binaan DPD PDIP Kalimantan Barat. 

"Panitia HUT dan Rakernas juga menggelar pameran. Nah, DPD DPIP Kalbar juga mengirimkan beberapa produk yang akan dipamerkan. Cukup banyak produknya, macam-macam. Dari Landak ada aloevera, kemudian dari Singkawang ada tengkawang. Bukan melihat lidah buaya dan tengkawangnya, tetapi turunan dari lidah buaya dan tengkawang itu kan bisa dibuat banyak produk-produk lain," jelasnya.

"Produk warga binaan lapas itu ada dua, yakni pupuk dan tikar kayu. Yang pupuk ini dihasilkan oleh warga binaan kasus pembunuhan. Kebetulan bapaknya dulu penyuluh pertanian. Sudah masuk laboratorium itu produknya. Yang satunya lagi tikar kayu itu bahkan sudah mancanegara. Saya saja sudah memesan sejak dua bulan lalu, sampai sekarang belum kebagian. Nah memang produknya sangat berkualitas," sambungnya. 

Produk lain yang juga bakal dipamerkan nantinya ialah madu mangrove (bakau) dan madu kelulut. Sujiwo menerangkan bahwa kedua jenis madu ini merupakan hasil budi daya masyarakat, atas bimbingan Lembaga Swadaya Masyarakat Sampan. 

Lebih lanjut Sujiwo menerangkan bahwa pameran dalam rangka Rakernas dan HUT ke-47 ini akan dilangsungkan selama tiga hari, mulai tanggal 10 hingga 12 Januari 2020. Pelaksanaan kegiatan akan dipusatkan di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

"Sebenarnya tujuan pameran adalah membangun semangat kemandirian pangan. Kemudian mengenalkan produk Kalbar ke tingkat nasional. Biar masyarakat Indonesia  tau kalau di Kalbar ada produk-produk ini, itu dan macam-macam lagi," tutupnya. (tim liputan)

Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini