-->

Kampanye Cuci Tangan dan Gosok Gigi di Dua Sekolah

Editor: Redaksi
Sebarkan:
LANDAK, suaraborneo.id - Bupati Landak Karolin Margret Natasa diwakili Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Marsianus, menyambut baik Program Sekolah Sehat yang inisiasi Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach (PSF-SDO)  dan sepenuhnya disponsori  Sampoerna Agro di SDN 12 Sidan dan SDN 08 Berinang Mayun Kecamatan Menyuke.

"Masyarakat harus mendukung program Sampoerna Agro yang telah berperan aktif di wilayah mereka bekerja dalam ikut serta membangun dunia pendidikan melalui kegiatan anak dalam rangka sekokah sehat dan lingkngan sehat, "ujar Marsianus saat menghadiri kampanye cuci tangan dan gosok gigi di Menyuke, Jumat (1/11/2019).

Kampanye cuci tangan dan gosok gigi di dua sekolah ini sangat penting disaksikan oleh  masyarakat dan orang tua peserta didik. Sehingga dengan berbondong hadir, bisa melihat langsung apa yang telah diberikan oleh Samporna Agro untuk mengubah sekolah menjadi sehat. 

"Mari kita menjaga, memelihara melalui dinas pendidikan dan jajaran sampai ke bawah. Apa yang sudah dicanangkan program ini dapat dipertahankan dan dikembangkan di sekolah lain di Landak ini,"ajaknya. 

Marsianus mengatakan, kegiatan seperti ini penciptakan mental anak-anak sejak dini dalam hidup sehat. 

"Sehingga program menciptakan sekolah sehat dengan cuci tangan dan gosok gigi sejak dini bisa di masyarakatkan,"ucapnya.

Sementara itu, Business Controller Manager PSF SDO, Alvin Dwipayana menjelaskan, Program Sekolah Sehat yang merupakan inisiasi dari Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach (PSF-SDO) dan sepenuhnya disponsori oleh Sampoerna Agro dilaksanakan di dua sekolah dasar di wilayah pengembangan perkebunan di Kecamatan Menyuke.

"Program Sekolah Sehat bagi SDN 12 Sidan dan SDN 08 Barinang Mayun di Kecamatan Menyuke dilaksanakan dengan memfokuskan pada program peningkatan kapasitas dan profesionalisme guru serta manajemen sekolah,"jelas Alvin. 

Sehingga dapat mengembangkan program-program sekolah yang mendorong penguatan karakter dan kebiasaan siswa hidup bersih dan sehat. 

"Diharapkan para siswa menjadi agen perubagan dalam hidup sehat untuk orang lain dilingkungan tempat tinggal dan sekolahnya.  Salah satunya kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai bagian dari program pengembangan karakter dan kesadaran siswa untuk hidup sehat adalah kegiatan kampanye cuci tangan dan gosok gigi untuk siswa," harap Alvin. 

Selain itu kata dia, adanya edukasi untuk para orang tua dengan mengadakan kegiatan seminar orang tua terkait pengasuhan anak kampanye cuci tangan dan gosok gigi bagi siswa di SDN 12 Sidan dan SDN 08 Barinang Mayun.  Memberikan pengetahuan tentang tata cara cuci tabgab dan gosok gigi yang benar kepada siswa-siswi. 

"Menggalang dukungan orangtua siswa untuk memperkuat kebiasaan cuci tangan dan gosok gigi siswa di rumah, mengkonsumsikan kepada orang tua dan masyarakat progran sekolah sehat yang dilaksanakan oleh SDN 12 Sidan dan SDN 08 Barinang Mayun," jelas  Alvin. 

Kegiatan kampanye cuci tangan dan gosok gigi dihadiri oleh seluruh siswa dari sekolah sasaran yang berjumlah 236 siswa dan para pemangku kepentingan yang diundang pada acara tersebut. 

Adapun untuk kegiatan seminar orang tua diharapkan dapat dihadiri oleh minimal 70 persen orang tua siswa dari sekolah sasaran.  

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung sekokah dalam menjawab tantangan pendidikan terkini di Indonesia. Tantangan kesenjangan kualitas pendidikan antara sekokah di kota dan dipinggiran kota memotivasi kami untuk menciptakan sebuah program yang mendorong terjadinya peningkatan kualitas pendidikan di sekokah mitra yang juga berimbas pada sekolah sekitarnya dam memiliki dampak positif jangka panjang,sehingga dapat mendorong pemerataan kualitas pendidikan secara keseluruhan, "tandas Alvin. (tim) 

Editor: Asmuni 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini