Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemda Sekadau Gelar Jambore Kader Posyandu

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupate yang digelar oleh  Dinkes PP dan KB kabupaten Sekadau. Foto:dn
Sekadau | Suaraborneo.id — Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) menggelar kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten. Acara ini berlangsung di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, pada Rabu, 15 November 2023, dan diresmikan langsung oleh Bupati Sekadau, Aron.

Henry Alpius, Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau, menyampaikan bahwa Pemerintah daerah, melalui Dinkes PP dan KB, berupaya memberikan pelayanan kesehatan hingga tingkat dusun. Kader Posyandu diharapkan dapat meneruskan program kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

"Kader Posyandu ini meneruskan program kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja posyandunya masing-masing," ujar Henry Alpius.

Alpius menekankan bahwa salah satu upaya untuk peningkatan pelayanan Posyandu adalah melalui pembinaan kepada kader Posyandu, dengan salah satunya adalah kegiatan Jambore Kader Posyndu yang diadakan pada hari itu. Jambore dianggap sebagai gagang utama dan ujung tombak pembangunan kesehatan di wilayah kerja Posyandu.

Dalam laporannya, Henry Alpius menyampaikan data jumlah Posyandu di Kabupaten Sekadau pada tahun 2022 sebanyak 253 (62,5 persen) keaktifan. Sedangkan pada tahun 2023, jumlah Posyandu bertambah menjadi 263 (74,5 persen), dengan total 1.315 kader Posyandu dan rata-rata lima orang kader per Posyandu.

"Kami sangat apresiasi karena target Kemenkes RI pada angka 80 persen. Artinya, Kabupaten Sekadau hanya kurang 5 persen lagi untuk mencapai itu," ungkapnya.

Henry Alpius juga mengungkapkan bahwa angka stunting di Kabupaten Sekadau pada tahun ini mencapai 17 persen. Meskipun demikian, pihaknya berharap dapat terus mengupdate data hingga mencapai target 15 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Henry Alpius memberikan apresiasi kepada lima kader Posyandu Kabupaten Sekadau yang meraih penghargaan sebagai Kader Teladan dari Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka merupakan binaan Wahana Visi Indonesia dan berhasil meraih juara 3 tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Terakhir, Henry Alpius menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau berkomitmen untuk menyalurkan Alat Ukur Untuk Posyandu yang layak dan standar. Sebanyak 265 paket alat Posyandu telah dipersiapkan dan siap disalurkan ke Posyandu di Kabupaten Sekadau. [red]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini