-->




KMP. Gunung Palong Rusak, Dishub Sekadau Minta Segera Diperbaiki

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Ferry Penyebrangan Kapal Motor Penumpang (KMP) Gunung Palong milik PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP)  Sungai Ayak-Sunyat di Kecamatan Belitang Hilir. Foto:int/as/be
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Sejak dari tanggal 16 Januari 2023, Ferry Penyebrangan Kapal Motor Penumpang (KMP) Gunung Palong milik PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP)  Sungai Ayak-Sunyat di Kecamatan Belitang Hilir tidak beroperasional. Hal tersbut menuai peryanyaan masyarakat khususnya masyarakat di 3 Kecamatan Belitang. 

Pasalnya, Kapal Ferry Penyebrangan itu merupakan salah satu sarana transportasi yang di gunakan oleh masyarakat di 3 Kecamatan Belitang yaitu Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu untuk menuju Kabupaten Sekadau. Apalagi beberapa hari kedepan masyarakat sudah akan merayakan hari raya Imlek dan tentunya Kapal Ferry Penyebrangan tersebut sangat di butuhkan untuk arus Mudik angkutan barang dan orang terutama untuk masyarakat yang merayakan Imlek tahun ini.

Di konfirmasi kepada pihak ASDP KMP Gunung Palong Sungai Ayak, Tommy Sudarso selaku Supervisor mengatakan, ada alat yang rusak fatal pada Ferry tersebut. Alat itu adalah Ger box mesin sebelah kiri.

"Alat baru sudah ready di Pontianak dan siang ini akan di bawa ke Sungai Ayak. Begitu alat sampai akan langsung kami kerjakan," kata Tommy Sudarso saat di konfirmasi oleh media ini via WhatsAppnya. Jumat (20/1/2023).

"Untuk itu, saya minta maaf kepada masyarakat karena adanya kendala di Kapal Ferry ini. Insyaallah besok kapal sudah bisa beroperasional kembali," kata Tommy Sudarso. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sekadau, H. Suhardi mengatakan, mengenai Kapal Ferry Penyebrangan KMP Gunung Palong yang mengalami kendala rusak sejak tanggal 16 Januari 2022, sebelumnya sudah di surati ke pihak PT. Parna Agromas untuk meminta bantuan penyeberangan sementara bagi masyarakat yang akan menyeberang, sementara menunggu KMP Gunung Palong operasional kembali. 

"Sementara Kapal Ferry mengalami kenadala atau rusak, kami meminta bantuan dari pihak PT. Parna Agromas untuk menyebrangi masyarakat yang ingin menyebrang ke arah 3 Belitang khususnya bagi masyarakat yang mudik untuk merayakan hari raya Imlek," kata H. Suhardi.

"Untuk itu, kami menghimbau masyarakat untuk dapat tenang karena pihak ASDP tentunya akan memperbaiki kerusakan itu secepat mungkin," tambahnya.

"Kami juga meminta pihak ASDP untuk  memperbaiki kerusakan pada Kapal Ferry tersebut secepat mungkin agar masyarakat yang ingin mudik merayakan hari raya Imlek dapat menggunakan Kapal Ferry Penyebrangan tersebut," pungkasnya. (as)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini