Ratusan Warga Yahudi Kunjungi Situs Tersuci di Yerusalem

Sebarkan:

Sejumlah perempuan Palestina berteriak ke arah jemaah Yahudi setelah sempat bentrok antara polisi Israel dan warga Palestina di Masjid Alaqsa mengenai kunjungan jemaah Yahudi di Kuil Suci, di Yerusalem, Minggu, 18 Juli 2021. (Foto: Ammar Awad/Reuters)

Ratusan jemaah Yahudi mengunjungi sebuah situs suci yang disengketakan, dengan penjagaan ketat polisi, setelah para jemaah Muslim bentrok sekilas dengan pasukan keamanan Israel di sana.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan setelah ketegangan baru pada Minggu (18/7). Namun, insiden itu kembali meningkatkan ketegangan di kompleks bukit yang sama-sama dihormati oleh umat Yahudi dan Muslim. Bentrokan-bentrokan hebat di lokasi itu awal tahun ini membantu memicu perang selama 11 hari antara Israel dan militan Hamas di Jalur Gaza.

Yahudi menganggap tempat itu sebagai Kuil Suci (Temple Mount), di mana kuil-kuil kuno pernah berdiri. Itu adalah situs tersuci dalam Judaisme. Kini, tempat itu merupakan lokasi bagi Masjid Alaqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Berbagai ketegangan di komplek itu sering bergulir menjadi kekerasan dalam bertahun-tahun.

Pada Minggu (18/7), umat Yahudi mengunjungi tempat itu untuk memperingati Tisha B'Av, hari libur Yahudi untuk mengenang penghancuran kuil-kuil kuno Yahudi.

Islamic Waqf, yang ikut mengelola tempat itu, mengatakan sekitar 1.500 warga Yahudi memasuki komplek itu -- jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Otorita Islam itu menuduh polisi menggunakan taktik opresif dan bahwa para pengunjung Yahudi itu melanggar larangan beribadah yang telah diberlakukan sejak lama. [vm/ft]

Sumber : VOA

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini