Kasus COVID-19 di AS Berkurang Drastis ke Tingkat Terendah Sejak Juni

Sebarkan:
Presiden AS Joe Biden dan veteran Kolonel Ralph Pucket tanpa mengenakan masker di East Room untuk acara penganugerahan medali kehormatan. Gedung Putih melonggarkan prokes terkait COVID-19 pasca program vaksinasi. (Foto: Alex Brandon/AP)

Kasus-kasus virus corona baru di seluruh Amerika Serikat (AS) telah berkurang ke tingkat yang belum pernah terjadi sejak Juni tahun lalu.

Perkembangan ini memicu optimisme bahwa kampanye vaksinasi berhasil meredam kasus-kasu COVID-19 yang parah dan penyebaran virus.

Seiring dengan menurunnya tingkat rawat inap dan kematian pekan ini, kehidupan di AS telah berangsur normal. Pelukan dan kerumunan orang tanpa masker terlihat di Gedung Putih, parade ala Mardi Gras digelar di Kota Mobile, Alabama dan bahkan negara bagian yang selama ini memberlakukan ketat pembatasan, siap untuk melonggarkannya.

Namun, para pakar kesehatan memperingatkan bahwa belum cukup banyak warga AS yang telah divaksin untuk benar-benar memberantas virus itu. Ini berpotensi menimbulkan varian-varian baru yang bisa memperpanjang pandemi.

Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan kasus baru rata-rata tujuh hari turun di bawah 30 ribu per hari pekan ini. Angka itu tak pernah serendah ini sejak 18 Juni 2020. Jumlah kematian rata-rata dalam tujuh hari belakangan juga merosot ke 552 -- tingkat yang belum pernah terjadi sejak Juli tahun lalu. Itu merupakan penurunan signifikan sejak pandemi melanda pada Januari 2020. [vm/ft]

Sumber : VOA

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini