Hujan Deras Tanah Longsor Di Dusun Bintang Sengah Temila

Editor: suaraborneo.id author photo

Kelompok Sappakad 137 Pahauman kecamatan Sengah Temila kabupaten Landak saat membantu menyemprotkan tanah yang longsor di jalan raya Dusun Bintang

LANDAK, suaraborneo.id
- akibat hujan deras menyebabkan beberapa ruas jalan di kecamatan Sengah Temila kabupaten Landak Kalimantan Barat mengalami banjir dan tanah longsor, Rabu (13/1/2021) sore.

Dengan kejadian ini warga diharapkan agar berhati-hati dan waspada dengan kondisi yang terjadi di musim hujan ini.

Seperti yang terjadi di wilayah jalan raya dusun Bintang desa Pahauman kecamatan Sengah Temila mengalami tanah longsor. Kelompok Sappakad 137 Pahauman turun langsung menggunakan mesin pemadam kebakaran untuk menyemprot tanah yang longsor di bodi jalan raya.

Penyemprotan dimulai pukul 19:00 wib sampai pukul 22:00, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan alat berat untuk membersihkan tanah yang longsor.

Menurut salah satu anggota Sappakad 137 Pahauman, Yohanes Bes, kejadian tanah longsor ini sering terjadi setiap hujan deras. Karena tebing tanah terlalu dekat dengan badan jalan.

" Diharapkan pihak terkait sudah memikirkan hal ini, karena sudah sering kali terjadi. Dalam kurung waktu tiga bulan terakhir ini sudah empat kali terjadi longsor," ucap Yohanes Bes.

Dikatakannya, tanah yang longsor itu mengakibatkan kemacetan bagi pengguna jalan raya. Hingga menyebabkan antrean panjang kendaraan untuk bisa lewat.

Hal ini tentu menjadi perhatian serius bagi masyarakat, karena berdampak ke gangguan umum lalu lintas setiap kali longsor.

" Kami dari kelompok Sappakad 137 Pahauman kecamatan Sengah Temila, selalu hadir membantu membersihkan longsoran tanah tersebut. Walaupun hujan deras dan malam hari kami tetap semangat untuk membantu,"  kata Bes panggilan akrabnya.

Selain tanah longsor, juga terjadi banjir yang merendam rumah warga. Bagi warga yang rumahnya mengalami kebanjiran, anggota Sappakad tetap membantu untuk mengevakuasi warga dan barang-barang. (Anton).








.

Share:
Komentar

Berita Terkini