-->

Tiga Orang Frater di Thabiskan Menjadi Diakon

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pentahbisan

SANGGAU, suaraborneo.id - Bertempat di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau, sebanyak tiga orang Frater di Thabiskan menjadi seorang Diakon oleh Uskup Sanggau, Mgr. Giulio Mencuccini, CP dan oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, DPRD Kabupaten Sanggau, DPRD Provinsi Kalbar dan para Pastor serta perwakil umat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Rabu, (7/10/2020).


Ketiga orang Frater yang ditahbiskan menjadi Diakon tersebut diantaranya Fr. Hiasintus Eko Pompang, Fr. Vincentius Meji dan Fr. Basianus Clinton, OFM. Cap. 


Dalam kesempatan tersebut, Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini,CP dalam homilinya mengatakan, panggilan menjadi Diakon adalah suatu rahasia yang tak terselami oleh pikiran manusia. Itu karena Tuhanlah yang memilih seseorang menjadi Diakon dan bukan atas kemauannya sendiri dengan mengandalkan kemampuan dan kepandaiannya. 


"Tugas Diakon antara lain adalah mewartakan Injil, meyakinkan orang menjadi umat Allah dengan melakukan pembaptisan serta memimpin berbagai upacara liturgi. "Diakon adalah pelayan sabda, pelayan altar dan pelaku karya amal kasih. Nah, itulah pelayanan khusus dari seorang Diakon," ungkap Mgr. Giulio Mencuccini,CP, Uskup Sanggau. 


"Kalian harus dapat mengasihi Kristus lebih dari yang lain dan kasih itu harus nampak lebih dahulu dalam kehidupan anda dan akan muncul dengan sendirinya dalam pewartaan," harapan Uskup Sanggau. 


Sementara itu Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengucapkan selamat dan Proficiat kepada ketiga orang Diakon yang baru saja di Thabiskan oleh Uskup Sanggau. "Proficiat dan selamat kepada ketiga Diakon yang sudah di Thabiskan oleh Uskup Sanggau, dan dirinya berharap agar ketiga Diakon tersebut setia dalam panggilannya sehingga nantinya dapat ditahbiskan menjadi imam (Pastor)," ungkap Paolus Hadi, Bupati Sanggau. 


"Berikut kepada yang hadir agar saling mendoakan putra putrinya sehingga anak-anaknya suatu saat nanti ada yang terpanggil menjadi pelayan iman, dirinya selaku pihak pemerintah daerah  mendukung sekali terhadap pertumbuhan iman disetiap agama yang ada di Kabupaten Sanggau sehingga terwujudnya keharmonisan antar umat beragama dan terjalinnya persaudaraan antara satu sama lainnya," ujar PH Sapaan Akrabnya. 


Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong, OFMCap dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta mendoakan sehingga terlaksananya acara pentahbisan Diakon. "tentu jika mereka Diakon yang baik pastilah mereka terus mendoakan orang tua mereka," ungkap Pastor Mayong. 


Pesan kepada ketiga Diakon, jika mengalami kesulitan dalam hidup dan pelayanan, maka ingatlah apa yang dikatakan orang bijak, bukan kesulitan yang membuat orang takut tetapi ketakutan yang membuat orang sulit, maka jangan pernah mencoba untuk menyerah tetapi jangan pernah menyerah untuk mencoba, jangan takut katakan kepada Tuhan kalau kita punya masalah dan katakan kepada masalah kalau kita punya Tuhan sumber segalanya, jelasnya. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini