Henry: Program Gizi Untuk Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Editor: Redaksi
Henry Alpius 
SEKADAU, suaraborneo.id - Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menghadiri peresmian rumah gizi di kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Sabtu (12/9).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Sekadau,  Henry Alpius mengatakan program gizi ini untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. 

"Untuk itu kita lengkapi rumah gizi dengan permainan anak dan buku bacaan, stunting adalah masalah besar bagi bangsa, di indonesia ada 30,8% kasus anak stunting dari Sekadau sendiri 2013 ada 44%  lalu 2017 turun menjadi 39% dan sampai sekarang 2020 terus turun 30%. Masih menjadi PR kita untuk kasus anak stunting di sekadau tetapi dengan kerja keras Pemda Sekadau akan turunkan menjadi 20% dan harapan kita sesuai yang menjadi standar WHO," jelasnya. 

Henry mengatakan langkah strategis perbaikan gizi melalui 1000 hari kelahiran merupakan program yang sedang berjalan untuk mengurangi stunting di Sekadau. 

Ia juga menyebutkan, langkah dan Inisiasi dari Dinkes dalam ngurangi stunting yaitu membangun pos gizi salahsatunya melalu program kesehatan dan asupan gizi di pos gizi  sebagai upaya pembangunan masyarakat dan kedaulatan pangan  . 

"Jadi di pos gizi akan ada pelatihan untuk membangun masyarakat untuk yang dimotori oleh ibu PKK untuk makanan tambahan sehat," ujarnya. 

Upaya pencegahan stunting ini kata dia, di bantu oleh bidan desa dan puskesmas. Henry jg menyebutkan Pemerintah telah membangun 25 Pos Gizi di Kabupaten Sekadau.

"Itu wujud pemerintah daerah serius menuntaskan maslah stunting dan ini merupakan pembangunan kesehatan nyata dari Pemda Sekadau," tegas Henry. 

Dalam kegiatan tersebut hadir juga kadis PMD Bayu Dwi Harsono, Plt Dinkes PP dan KB Henry Alpius serta Anggota DPRD Kalbar Muhammad serta sejumlah anggota DPRD Sekadau Muhammad Jais, Muslimin, Timotiusase dan Hans Christian serta Forkopimca Belitang. (tim) 
Share:
Komentar

Berita Terkini