-->

Warga Sungai Rengas Terima BLT DD

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Penyaluran BLT
KUBU RAYA, suaraborneo.id – Sebanyak 242 Kepala Keluarga terdampak Covid-19 di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Pemerintah Desa Sungai Rengas, Kamis (4/6). Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Aula Pondok Pesantren An-Nur Desa Sungai Rengas. Meski bertajuk bantuan tunai, teknis penyaluran dilakukan dengan cara nontunai melalui Cash Management System (CMS) Bank Kalbar. Cara ini meneruskan apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selama ini, yaitu pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa dengan sistem nontunai. BLT akan diberikan selama enam bulan ke depan. 

“Meski ini bantuan langsung tunai, tapi teknisnya dilakukan secara nontunai. Nah, ini luar biasa karena transparan dan akuntabel. Yang paling utama adalah bahwa dengan cara ini ada konsistensi dengan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa di Kubu Raya yang juga telah dilakukan dengan nontunai sejak beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan desa lainnya juga mengikuti cara ini,” tutur Muda Mahendrawan seusai kegiatan.

Muda berharap sistem nontunai yang diterapkan Desa Sungai Rengas dapat diikuti desa-desa lainnya di Kubu Raya. Sebab selain transparan dan akuntabel, sistem nontunai juga membuat proses penyaluran bantuan menjadi efisien dan efektif. 

“Jadi tidak ada kerepotan lagi mesti mengumpulkan orang setiap saat akan menyalurkan BLT,” ujarnya. 

Terkait penyaluran BLT DD di Kubu Raya, Muda bersyukur karena telah dilakukan di 63 desa atau lebih dari separuh jumlah desa di Kubu Raya yang sebanyak 117 desa. Dirinya berharap penyaluran untuk desa-desa lainnya dapat dipercepat. Sebab dana desa sejatinya adalah milik desa dan masyarakat yang sebagiannya diubah dalam bentuk bantuan langsung tunai. 

“Makanya apa yang menjadi hak masyarakat itulah yang disalurkan sebagai jaring pengaman sosial dan dampak ekonomi sosial dari wabah ini,” sebutnya. 

Muda meminta penerima BLT untuk menggunakan dana tersebut kepada hal-hal yang berdampak langsung dengan upaya menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Seperti untuk konsumsi pangan dan nutrisi. Sebab menurutnya kesehatan adalah hal yang utama. 

“Yang penting kita maksimalkan untuk kesehatan kita. Baik untuk pangan, vitamin, dan gizi supaya menjaga kesehatan kita. Karena sehat itu yang nomor satu,” terangnya. 

Penyaluran BLT Dana Desa diapresiasi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Usman. Ia mengatakan, yang dilakukan Pemerintah Desa Sungai Rengas merupakan wujud transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa. Sebagai unsur legislatif, pihaknya memonitor proses penyaluran dieksekusi eksekutif atau pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, Desa Sungai Rengas ini sangat baik dengan penyaluran BLT dana desa sistem nontunai ini. Sebagai langkah dari pihak desa untuk menghindari penyimpangan penggunaan dana desa,” ujarnya. 

Usman menyebut selama ini banyak program bantuan dari pemerintah yang pihak desa tidak terlibat. Namun BLT dana desa murni diberikan dengan berbasis data dari pihak desa. Sehingga dengan data tersebut tidak ada warga terdampak Covid-19 yang tidak tersentuh bantuan. (rio)

Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini