-->

Bupati Landak Dukung Dinkes Perluas Cakupan Deteksi Covid-19

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Pengambilan sampel darah 
LANDAK, suaraborneo.id – Dalam rangka memperluas pendeteksian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Landak, saat ini pihak Dinas Kesehatan memperluas wilayah cakupan pelacakan penyakit berbahaya tersebut. Hal tersebut diperkuat dengan mulainya pelaksanaan pengambilan sample darah di Aula Besar Kantor Bupati Landak bagi Aparatur Sipil Negara dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Landak.

Saat pelaksanaan kegiatan tersebut, Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan tersebut sudah sesuai dengan kondisi saat ini. Mengingat langkah dalam menghentikan virus mematikan tersebut harus segera dilaksanakan dalam waktu secepatnya.

“Ingat virus ini sudah banyak menelan korban jiwa walaupun di Kabupaten Landak pada minggu lalu sebanyak 5 orang pasien kita nyatakan sembuh semua, namun bukan berarti kita berhenti sampai disitu atau bersantai-santai dengan situasi dan kondisi. Oleh sebab itu apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan tersebut merupakan langkah bagus bila perlu kita lakukan tes massal, jika anggaran mencukupi,” jelas Bupati Landak, Jum'at (12/06/20).

Dirinya menilai saat ini kasus corona dengan kategori Orang Tanpa Gejala merupakan kategori yang harus mendapat perhatian tersendiri.

“Seperti yang tidak ketahui bahwa kategori OTG atau Orang Tanpa Gejala sudah cukup banyak diwilayah kita, kita tidak ingin kategori ini bertambah banyak. Oleh sebab itu dengan adanya perluasan cakupan deteksi COVID-19 ini kita berharap tim medis lebih cepat dalam melakukan langkah selanjutnya,” ucap Karolin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Subanri saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan ini didasari atas permohonan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, hal tersebut ditindaklanjuti supaya tim medis yang menangani dapat dengan mudah dalam tracking penyebaran virus pada ASN Kabupaten Landak.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti permohonan dari OPD yang sudah mengajukan kepada kita. Meski demikian kita juga tetap memperhatikan peralatan yang kita miliki, namun yang kita prioritaskan adalah bagi OPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik,” ungkap Subanri.

Lebih lanjut Subanri juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan perluasan cakupan pendeteksian virus corona diwilayah Kabupaten Landak.

“Jika peralatan kita mencukupi maka kita tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan tes massal sebagaimana mestinya sesuai yang diharapkan Bupati Landak,” sambungnya.

Penulis: MC
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini