Sikapi Corona, Sutarmidji Minta Perusahaan di Kalbar Bantu Masyarakat Melalui Dana CSR

Editor: Redaksi
Direktur RSUD dr Sudarso Pontianak menerima bantuan dari salah satu Perusahaan belum lama ini
PONTIANAK, suaraborneo.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji meminta semua perusahaan di Kalbar seperti perusahaan-perusahaan yang  bergerak di sektor pertambangan, perkebunan, dan kehutanan untuk menyalurkan bantuan Coorperate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat, khususnya di sekitar wilayah perusahaan, berupa sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako). 

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Kalbar melalui Surat Edaran Nomor 500/0925/ Ass. 2 tentang Penyaluran Cooperate Social Responsibility (CSR) Perusahaan di Provinsi Kalimantan Barat, sebagai langkah menyikapi meluasnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Jum'at (27/3/2020). 

"Semua perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan agar menyalurkan bantuan Cooperate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) ke masyarakat di sekitar dan di lokasi perusahaan, serta melaporkan per kegiatan penyaluran CSR perusahaan ke Gubernur Kalbar dan ditembuskan ke dinas-dinas yang menanganinya," pintanya.

Sutarmidji juga meminta perusahaan melakukan langkah-langkah kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan membatasi kegiatan berkumpul dan menerapkan social distancing, termasuk menerapkan jaga jarak tempat duduk di kendaraan angkut karyawan. 

Selain itu, perusahaan diminta membudayakan dan menyediakan sarana yang diperlukan untuk pola hidup bersih dan sehat pada setiap karyawan, sterilisasi dan pembersihan lingkungan kerja secara berkala. 

"Yang paling penting adalah menyediakan sarana pelayanan kesehatan, ruang karantina dan isolasi untuk perawatan karyawan yang diduga terpapar Covid-19 atau dalam pemantauan," pinta Gubernur. 

Midji menambahkan, imbauan itu dikeluarkan agar semua lebih terarah dalam penanganan covid-19 di Kalimantan Barat saat ini.

"Ini himbauan kita supaya terarah," pungkasnya.

Hingga saat ini memang sudah ada beberapa perusahaan yang peduli dalam membantu pemerintah dalam menekan kasus covid-19, salah satunya dengan memberikan alat pelindung diri (APD), Masker, Hand Sanitizer, Vitamin, dan bahan Disinfektam serta bantuan dalam bentuk lainnya. Diharapkan perusahaan yang belum melakukan aksi sosial bisa membantu maayarakat di sekitar mereka berinvestasi.(TS)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini