Prodi BK IKIP PGRI Pontianak dan KPAD Kota Pontianak Kolaborasi dalam Program "Prodi BK Mengabdi"

Editor: Antonius
Sebarkan:

Kegiatan Prodi BK Mengabdi
PONTIANAK, suaraborneo.id - Selasa 28 Mei 2024 - Prodi BK (Bimbingan dan Konseling) IKIP PGRI Pontianak dan KPAD  Kota Pontianak menyelenggarakan program kolaboratif bernama "Prodi BK Mengabdi" dalam rangka menerapkan kerjasama di bidang pengabdian kepada masyarakat. 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Program "Prodi BK Mengabdi" akan berlangsung selama satu bulan, dimulai dari tanggal 28 Mei hingga 26 Juni 2024. Program ini merupakan bentuk nyata komitmen dari program studi BK dalam meningkatkan kepercayaan publik terkait pentingnya bimbingan dan konseling.


Program ini merupakan inovasi terbaru dari Prodi BK yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan bimbingan dan konseling yang telah mereka peroleh di kelas. 

Kamaruzzaman, Ketua Prodi BK IKIP PGRI Pontianak, menjelaskan bahwa program "Prodi BK Mengabdi" merupakan salah satu program unggulan prodi BK dalam meningkatkan kualitas lulusan.

"Selain itu, program ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa BK untuk mengaktualisasikan diri melalui berbagai program konseling yang akan dilaksanakan di wilayah kerja KPAD Kota Pontianak," jelasnya.


Niah Yuniati, Ketua KPAD Kota Pontianak, menyambut baik program ini dan bahkan telah menyediakan panggung khusus bagi mahasiswa untuk mempraktekkan pengetahuan mereka.

Dalam sambutannya saat sesi penyerahan, Niah Yuniati menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengabdikan diri harus menyusun program sendiri, sementara KPAD akan menyediakan beberapa pilihan tempat pelaksanaan program. 

Adapun tempat yang dimaksud diantaranya sebagai berikut :

1. PLAT (Pusat Layanan Anak Terpadu) yaitu tempat penampungan anak-anak jalanan.

2. LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak)

3. Pelayanan Pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak)

4. Home Visit bagi anak yang membutuhkan

5. Penyuluhan pada sekolah, pesantren,  dan dharma Wanita 

Dari beberapa tempat yang disediakan diharapkan mahasiswa sudah mampu merancang program yang tepat sesuai dengan tempat dan sasaran untuk pembinaan anak.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi KPAD Kota Pontianak, mahasiswa, dan masyarakat yang terdampak.

" Program "Prodi BK Mengabdi" diikuti oleh 41 mahasiswa yang saat ini berada di semester 6. Harapannya, program ini dapat berkelanjutan dan berhasil memberikan manfaat jangka panjang," ungkap Niah Yuniati. (Sumber: Prodi BK)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini