Persiapan Calon Jemaah Haji Kabupaten Landak: Vaksinasi Meningitis dan Manasik Sebelum Keberangkatan

Editor: Antonius
Sebarkan:

Salah satu Calhaj mendapat vaksinasi meningitis (foto Antonius)
LANDAK, suaraborneo.id - Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, telah menyiapkan 55 Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang akan berangkat pada tanggal 26 Mei 2024 untuk menjalani ibadah haji di Tanah Suci. 


Sebelum keberangkatan, para Calhaj menjalani serangkaian persiapan yang meliputi Manasik di Kementerian Agama Landak pada tanggal 24-28 April 2024.

Pada Minggu, 28 April 2024, para Calhaj juga dengan diberikan vaksinasi meningitis sebagai bagian dari persiapan keberangkatan. Dari total 55 Calhaj, sudah 50 orang yang diberikan vaksinasi tersebut, sementara 5 orang lainnya akan menyusul dalam waktu dekat.

Esti Rahayu, SKM, menjelaskan bahwa vaksinasi meningitis diberikan kepada semua Calhaj untuk merangsang sistem imun tubuh dalam membentuk antibodi dan melawan bakteri penyebab penyakit meningitis. Vaksin ini dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis, yang merupakan penyebab utama penyakit meningitis.

Wabah meningitis sering terjadi di negara Arab Saudi, terutama saat terjadi arus besar jamaah haji dan umroh dari berbagai negara. Oleh karena itu, vaksinasi meningitis menjadi wajib bagi siapa pun yang akan melakukan perjalanan ke sana untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit.

Dijadwalkan, Calhaj dari Kabupaten Landak akan berangkat pada tanggal 26 Mei 2024 menuju Pontianak, kemudian pada tanggal 27 Mei 2024 akan berangkat ke Embarkasi Batam, dan pada tanggal 28 Mei 2024 akan berangkat ke Jeddah untuk melaksanakan ibadah haji. 

" Semoga para Calhaj dari Landak dapat menjalani ibadah dengan lancar," harap Esti Rahayu.(Anton)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini