Deklarasi ODF di Desa Belitang Satu

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Deklarasi Open Defication Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di desa Belitang Satu, kecamatan Belitang. (foto:en)
Sekadau Kalbar, SB - Desa Belitang Satu, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat Deklarasi Open Defication Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kamis (12/1/2023). Deklarasi ODF Desa Belitang Satu ini dihadiri oleh Bupati Sekadau, Aron.

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau, Aron mengatakan, dalam penyelenggaraan pembangunan desa, diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan yang mana salah satu wujud nyatanya berupa penyiapan desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Yaitu desa yang masyarakatnya melaksanakan 5 (lima) Pilar STBM, sebagai berikut:

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan
2. Mencuci tangan pakai sabun di air
    mengalir
3. mengelola air minum dan makanan
    rumah tangga yang aman
4. Mengelola sampah rumah tangga
    dengan aman
5. Mengelola limbah cair rumah tangga.

Desa STBM akan dapat diwujudkan salah satunya melalui deklarasi ODF atau Stop
Buang Air Besar Sembarangan. Dengan ODF dapat menurunkan kejadian penyakit
berbasis lingkungan diantaranya penyakit diare, thypoid kecacingan dan lain-lain.

"Penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya kondisi stunting pada bayi dan balita," jelasnya

Kebijakan STBM ini juga menjadi prioritas pembangunan pemerintah daerah
kabupaten Sekadau dan komitmen tersebut dituangkan dalam Peraturan Bupati Sekadau (Perbup) No 51 tahun 2017 tentang gerakan pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis
Masyarakat (STBM) dan Peraturan Bupati Sekadau No 36 tahun 2022 tentang
penurunan Stunting, percepatan terintegrasi.

Bupati menerangkan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari STBM adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 Pilar STBM. Desa ODF merupakan cikal bakal terwujudnya kabupaten sehat.

"Pada kesempatan yang baik ini tidak lupa kami ucapkan terimakasih dan selamat
kepada Kepala Desa beserta aparat dan kader desa serta masyarakat desa yang telah berkomitmen mencapai desa stop BABS. Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas komitmen ODF desa Belitang Satu dapat dilaksanakan pada hari ini dan segera diwujudkan dan diharapkan dapat menjadi contoh untuk desa lain yang berada dialiran sungai kapuas agar bisa ODF," ungkapnya

"Semoga momentum ini bisa menjadi pemicu bagi masyarakat desa untuk segera 100 persen mengakses jamban sehat dengan tidak BABS di sembarang tempat dengan mengakses jamban sehat. Semoga momentum ini dapat mendorong terwujudnya kecamatan Belitang ODF," tutup Bupati Aron.

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Golkar, Matheus Candra Dawi, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Forkopimcam, Camat Belitang, Kades Belitang Satu beserta jajaran dan Undangan lainnya. (pkm/am)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini