Penyerahan Sertifikat Akreditasi kepada RSUD Sekadau

Editor: Redaksi
Sebarkan:

LAM-KPRS menyerahkan sertifikat akreditasi kepada RSUD Sekadau. Foto:di
Sekadau Kalbar, SB - Penyerahan Sertifikat Akreditasi kepada Rumah Sakit Umum Daerah Sekadau (RSUD) dan Seminar Kesehatan Oleh Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS). Acara berlangsung di Ruang Rapat RSUD Sekadau pada hari Jumat, 22 September 2023 Pukul: 08.00 pagi.

Pelaksanaan ini berdasarkan surat dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) tanggal 10 Agustus 2023 Nomor. 0618 / Lulus – Akr / LAM – KPRS / Set / VIII / 2023, Perihal Lulus Akreditasi.

Hari ini ada 3 RSUD mendapatkan sertifikat akreditasi dari LAM-KPRS. Yakni: RSUD Sekadau, RSUD Melawi, RSU Sentra Medika Sanggau yang diserahkan langsung oleh Direktur LAM-KPRS. Dilanjutkan seminar yang berkaitan dengan Strategi Menjaga Mutu Layanan Pasca Akreditasi.

Direktur RSUD Kabupaten Sekadau, Tanjung Harapan Tampubolon dalam sambutannya, mengatakan bahwa latar belakang aktivitas rumah sakit yang senantiasa di akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan setelah dilakukan penilaian.

"Aktivitas RS diatur dalam Peraturan Kemenkes RI nomor. 34 Tahun 2017 tentang akreditasi rumah sakit, merupakan suatu pedoman yang dilakukan upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien," katanya

Direktur Utama LAM-KPRS, dr. Andi Wahyuningsih Attas, dalam arahannya menegaskan bahwa seorang direktur harus mengetahui permasalahan di lapangan, cross check petugas, apakah mereka bisa on time datang ke RS.

"Kedepan, ubahlah perilaku atau kebiasaan itu. Tidak ada artinya sebuah sertifikat jika  pelayanan yang diberikan RSUD masih kurang maksimal," tegasnya

Dia juga menyampaikan apresiasi RSUD Sekadau karena telah mencapai peringkat tertinggi paripurna. 

" Bukan hanya sebuah sertifikat yang kita bangga-banggakan. Namun yang perlu dibanggakan adalah masyarakat sangat puas dengan pelayanan kesehatan," ungkapnya

Sebagai contoh lanjut dia, untuk menentukan akreditasi itu sangatlah gampang, jika ada 10 orang dari masyarakat dan hanya 2 menyatakan puas sedangkan 8 tidak, maka sertifikat perlu dipertanyakan, ini konsepnya blusukan.

"Kami LAM-KPRS menitipkan rumah sakit, jadi tolong kepada Pemda agar mensupport dan melalui masyarakatnya mengukur rumah sakit. Nah ukuran rumah sakit Septi dan pelayanan yang bagus itu masyarakat," jelas Andi Wahyuningsih

Sementara itu, Bupati Sekadau melalui Asisten III, Sapto Utomo mengungkapkan atas nama pemerintah daerah merasa bangga karena RSUD Sekadau mendapatkan sertifikat akreditasi tertinggi.

"Terimakasih kepada jajaran RSUD Sekadau karena telah bekerja keras mempersiapkan dan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit," lungkapnya.

"Ini merupakan kebanggaan kita semua. Nah, diberikan penghargaan bahwasannya kita mampu melayani masyarakat dengan baik,"kata Sapto.

Ini bukan hanya penghargaan diatas kertas, tetapi RSUD mampu menunjukkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan demikian, RSUD telah mendapatkan sertifikat akreditasi paripurna sebagai bukti dan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Maka mulai hari ini petugas RSUD berikan pelayanan yang optimal kepada pasien,"  pintanya. (di)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini