Jembatan Ambruk, Komisi II Minta Dinas Terkait Segera Keluarkan Dana Tanggap Darurat

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Bambang Setiawan. Foto:am
Sekadau Kalbar, SB - Jembatan gantung Sungai Mentukak tiba-tiba roboh saat warga RT 5 dan RT 6 Dusun Kalak, Desa Mentukak, Kecamatan Nanga Taman sedang memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78.

Ambruknya jembatan ini menyebabkan 32 orang warga mengalami cedera pada kaki (patah) dan cedera badan. Dari 32 orang, 11 orang luka berat (anak-anak) dan 12 orang Lansia.  

Dengan sigap pada hari itu juga para korban sudah ditangani oleh tenaga medis, ada yang sudah dirujuk ke RSUD Sekadau bahkan ada yang dirujuk ke Pontianak dan 3 orang sudah diperbolehkan pulang. 

Menyikapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Sekadau, Bambang Setiawan yang juga Ketua Komisi II menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah itu. 

"Semoga hal ini tidak akan terjadi lagi kedepannya," ungkap Bambang, Jum'at (18 /8/2023) kepada media ini. 

Bambang juga minta kepada Dinas terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sekadau segera meninjau ke lokasi. 

"Dan kami dari Komisi II DPRD Sekadau juga akan meninjau lokasi jembatan yang roboh tersebut," kata dia 

"Saya minta pemerintah segera hadir dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah akibat robohnya jembatan tersebut. Yang mengalami luka-luka dan patah tulang untuk segera dirawat dan biaya dibantu oleh pemerintah daerah," pintanya 

Bambang juga meminta agar BPBD untuk segera mengeluarkan dana tanggap darurat  untuk jembatan tersebut. 

"Kami tidak menyalahkan pihak panitia permainan rakyat yang digelar oleh warga setempat pada saat jembatan itu roboh demikian juga pihak pemerintah daerah agar tidak menyalahkan siapa-siapa terkait robohnya jabatan itu. Maka dari itu kami meminta pemerintah daerah untuk membantu warga yang tertimpa musibah secara maksimal," pungkas Bambang Setiawan. 

Untuk di ketahui, hari ini 18 Agustus 2023 Wakil Bupati Sekadau, Subandrio selaku pihak pemerintah daerah bersama Stakeholder dan dinas terkait sudah meninjau langsung ke lokasi jembatan yang roboh di Desa Nanga Mentukak dan meninjau kondisi warga yang tertimpa musibah robohnya jembatan tersebut yang saat ini sedang dirawat di Puskesmas Nanga Taman. Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Sekadau menyampaikan hal yang sangat menggembirakan bahwa pemerintah daerah akan menanggung biaya sepenuhnya selama perawatan. Bahkan juga akan membantu  berupa makanan (red) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini