-->

Pj. Bupati Landak Hadiri Rakor Pelaksanaan Balala’ atau Pantang Nagari

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama setelah rapat koordinasi (foto kom)
LANDAK, suaraborneo.id  - Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Balala'/Pantang Nagari yang akan dilaksanakan secara serentak pada 27 Mei 2023 di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya, di ruang Rapat Kantor DPRD Landak. Jumat, (19-05-2023).

Turut hadir Ketua DAD Kab. Landak beserta jajaran, Forkopimda Kab. Landak, Landak, Wadanyon Armed 16/Komposit Ngabang, OPD terkait, Kepala Kemenag Landak, Kasi Bimas Katolik, Kasi Bimas Kristen, FKUB Landak, Ketua NU Landak, Ketua Muhamadyah Landak, Ketua MUI Landak, Camat Ngabang, Forum kades dan para kades, Para Pimpinan Gereja Kab. Landak, para ketua Ormas di Kab. Landak, dan seluruh tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa pelaksanaan Balala’/Pantang Nagari tahun ini akan dilaksanakan 27 Mei 2023 dan Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan ritual Balala’/Pantang Nagari.

“Penetapan kegiatan Balala’/Pantang Nagari ini sudah dibahas sebelumnya pada Bahaupm yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Naik Dango ke 38 yang dihadiri oleh seluruh DAD Kecamatan di tiga kabupaten beserta pengurus,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Landak mendukung rencana pelaksanaan Balala’/Pantang Nagari ini serta menghargai putusan atau hasil dari musyawarah bahaump yang sudah dilaksanakan oleh DAD Kabupaten dan Kecamatan di 3 kabupaten yakni Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Kubu Raya.

“Saya berharap pada pelaksanaannya nanti, pengurus atau pelaksana yang akan bertugas dalam kegiatan ini untuk melaksanakan tugasnya dan berkoordinasi dengan baik kepada semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar,” ucap Samuel.

Ia menjelaskan bahwa Balala’/Pantang Nagari ini adalah ritual adat istiadat yang bertujuan baik agar daerah kita dijauhkan dari segala marabahaya dan juga hal-hal, gangguan, atau kendala yang lainnya.

“Dalam pelaksanaannya, diharapkan ini bisa dipahami dan dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat. Masih ada waktu kurang lebih hampir satu minggu untuk sosialisasi pemberitahuan secara umum terkait dengan rencana kegiatan Balala’/Pantang Nagari ini,” jelasnya.

Pj Bupati Landak itu berpesan agar semua pihak dapat mendukung dan menjaga kondusifitas suasana pelaksanaan Balala’/Pantang Nagari ini sehingga bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala maupun gesekan-gesekan tertentu

“Saya yakin dan percaya jika kegiatan ini dilaksanakan, dikoordinasikan dan disosialisasikan dengan baik, maka seluruh masyarakat akan mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” pesan Samuel.

Samuel juga menyampaikan bahwa seperti yang sudah dibahas sebelumnya terkait kegiatan ini tidak akan terlalu mengganggu aktivitas dan kegiatan-kegiatan masyarakat secara menyeluruh.

“Pada kesempatan ini saya berharap dari Forkopimda juga bisa membantu untuk mensosialisasikan informasi kegiatan ini, semoga seluruh masyarakat dan stakeholder lainnya juga turut mendukung dan bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutup Samuel.(Anton/Kom)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini