MAPENTA, Pemuda Katolik Sudah Banyak Berkiprah Bagi Gereja, Bangsa dan Negara

Editor: Redaksi
Sebarkan:

MAPENTA Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sekadau. Foto:as 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sekadau membuka Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) yang di laksanakan di Gedung Kateketik Sekadau, Sabtu (1/4/2023).

Laporan Ketua panitia pelaksana, Martaus mengatakan, kegiatan MAPENTA ini mengambil Tema, Mari Ikutlah Aku dan Kamu akan Kujadikan Penjala Manusia (Matius 4 : 19). Dengan peserta sebanyak 81 orang tergabung dari Paroki Santo Petrus dan Paulus dan Paroki Gereja Katolik Monumental Kecamatan Sekadau Hilir.

Di tempat yang sama, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sekadau, Abun Tono mengatakan, kegiatan MAPENTA merupakan agenda dari Pemuda Katolik. Karena kata dia, Pemuda Katolik merupakan Kader yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan.

Abun Tono menerangkan Pemuda Katolik ada 4 Pilar. Pilar Pertama adalah nilai moralitas. Kedua adalah konsisten dalam setiap perjuangan. Ketiga adalah kesederhanaan dan keberpihakan kepada kaum yang lemah. Keempat adalah berpegang teguh dengan nilai-nilai diatas Pemuda Katolik untuk dapat mewarnai ditengah masyarakat yang majemuk sesuai dengan slogan Katolik, 100 persen Katolik 100 persen Indonesia.

Ia mengatakan, Pemuda Katolik di Kabupaten Sekadau sudah banyak berkiprah membantu pemerintah daerah dalam segala bidang termasuk membantu kemajuan gereja khususnya di Kabupaten Sekadau.

"Oleh sebab itu kami berharap kepada rekan-rekan yang hadir sebagai anggota Pemuda Katolik nantinya akan lebih berperan bersama kami memajukan gereja secara di Kabupaten Sekadau secara khusus dan secara umum," harap Abun Tono yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kalimantan Barat diwakili Wakil Bendahara 1, Andreas Herwan Susilo meminta kepada Pemuda Katolik agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat bukan hanya hadir di dalam gereja Katolik saja.

"Pemuda Katolik harus benar-benar belajar berorganisasi serta mempersiapkan kader-kader berikutnya," pinta Andreas Herwan Susilo.

Mewakili Pengurus Pemuda Katolik Pusat, Selpanus Usel mengatakan, visi Pemuda Katolik atau pengurus kedepannya adalah bagaimana menjadikan Pemuda Katolik terlibat dalam setiap aspek kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

"Bagaimana Pemuda Katolik berani melangkah lebih maju, paradikma-paradikma baru, proaktif sehingga kita betul-betul bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa dan Negara," kata Usel.

Mewakili Bupati Sekadau, Radius yang sekaligus membuka kegiatan MAPENTA mengatakan, apresiasi atas kegiatan MAPENTA Pemuda Katolik.

Ia berharap Pemuda Katolik bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Sekadau.

"Pemuda Katolik adalah Organisasi tingkat Nasional dan sudah berdiri sejak lama sehingga sudah banyak memberikan kontribusi demi gereja serta kepada Bangsa dan Negara," ungkapnya.

"Sehingga sangat tidak diragukan lagi sehingga memberikan kontribusi kepada tanah air mulai dari kemerdekaan bangsa kita kemudian sampai kepada kiprahnya di bahkan daerah," imbuhnya.

"Sudah banyak pemimpin-pemimpin kita yang berasal dari Pemuda Katolik," tutup Radius.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura, Paulus Subarno, dari Fraksi PDI Perjuangan, Ari Kurniawan Wiro, Forkopimda, beberapa OPD Pemkab Sekadau, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Kristianus Cp, ISKA dan ICDN Kabupaten Sekadau, Organisasi Kepemudaan, serta seluruh pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sekadau Undangan dan seluruh peserta yang hadir. (as)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini