-->




Pengukuhan TRC-IKB RAPI Sekadau, Sekda Berharap Bisa Menjadi Mitra Pemerintah

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Pengukuhan Tim Satgas Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Kabupaten Sekadau Masa Bhakti 2022-2026. Foto:wn
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Tim Satgas Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Kabupaten Sekadau Masa Bhakti 2022-2026 dikukuhkan. Pengukuhan oleh Ketua RAPI Wilayah 13 Sekadau, Kundori (JZ21LKD). Kamis (19/1/2023).

Selain pengukuhan Tim Satgas TRC-IKB, juga dirangkaikan dengan pelatihan tentang penanganan bencana dengan nara sumber dari Dinas BPBD Kabupaten Sekadau dan dari Polres Sekadau. 

Laporan ketua panitia pelaksana, Kadarto (JZ21ALQ) mengatakan, peserta pembukaan dan pengukuhan TRC-IKB adalah dari pengurus dan anggota RAPI, jajaran Forkopimda, unsur pemerintah melalui instansi terkait, kepala desa dan pengurus organisasi kemasyarakatan dan relawan.

"Peserta pelatihan kebencanaan sebanyak 50 orang, terdiri dari relawan TRC-IKB RAPI,   organisasi kemasyarakatan dan relawan kemanusiaan masing-masing 2 orang," jelas Kadarto yang juga Bendahara RAPI Wilayah 13 Sekadau. 

Usai pengukuhan Ketua TRC-IKB Kabupaten Sekadau, Deddy Firmansyah (JZ21AVS) mengucapkan terima kasih karena telah di beri kepercayaan dan amanah sebagai Ketua TRC-IKB.

"Dengan amanah ini, saya beserta peserta lain yang sudah dilantik akan berusaha menjalankan tugas kemanusiaan ini. Saya mohon dukungan dari semua pihak agar kami bisa mengemban organisasi sosial kemanusiaan ini," ungkap Dedy Firmansyah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua RAPI Wilayah 13 Sekadau Kabupaten Sekadau, Kundori (JZ21LKD) mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah menyiapkan acara ini.

"RAPI Sekadau mulai berkiprah sejak tahun 2021 dimana saat banjir besar melanda Kabupaten Sekadau, RAPI ikut turun dalam memberikan Bantuan Komunikasi (Bankom) bahkan membantu menyalurkan bantuan berupa sembako kepada korban banjir," kata Kundori.

"RAPI juga memiliki 4 Satgas yakni Satgas TRC-IKB, Satgas Jarkom (Jaringan Komunikasi), Satgas Bansos (Bantuan Sosial) dan Satgas Rider. Untuk Hari ini kita bentuk dan kita kukuhkan Satgas TRC-IKB dalam rangka untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam kebencanaan," tambah dia. 

"Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada satgas TRC-IKB yang sudah dikukuhkan dan selamat menjalankan tugas kemanusiaan," tutup Kundori.

Sambutan Ketua RAPI Daerah 21 Kalimantan Barat, Budi Santoso melalui Pengurus Daerah Bidang Hukum dan Inovasi Organisasi, Heri Irawan (JZ21LHI) mengatakan, keberadaan TRC-IKB Kabupaten Sekadau dimaknai sebagai upaya RAPI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Hal ini dilakukan tentunya agar masyarakat dapat merasakan manfaat dan keberadaan dan kiprah Organisasi RAPI dengan melaksanakan kegiatan sosial yang aplikatif, terencana dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya. 

"Tentunya, RAPI Kalimantan Barat mengapresiasi RAPI Kabupaten Sekadau. Walaupun baru 1 tahun tapi sudah banyak melakukan tugas yang sangat luar biasa," tambahnya.

"Untuk itu, saya juga mengucapkan selamat kepada TRC-IKB Kabupaten Sekadau dan saya berharap agar hal ini dapat menjadi motivasi untuk Kabupaten lainnya," tutup Hery Irawan.

Terakhir, sambutan Bupati Sekadau diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa jugab mengucapkan selamat kepada jajaran Pengurus TRC-IKB RAPI yang baru saja dikukuhkan.

"Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi dan mendukung peran strategis organisasi RAPI dalam kegiatan sosial, kebencanaan dan pembangunan di Kabupaten Sekadau. Mengingat sebagian wilayah di Kabupaten Sekadau termasuk rawan bencana, RAPI diharapkan tetap maksimal dalam pengelolaan informasi dan edukasi kebencanaan serta pembangunan sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara luas," ujarnya. 

"Dengan pengukuhan ini diharapkan satgas TRC-IKB RAPI bisa menjadi mitra kerja pemerintah daerah dapat bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui program unggulan IP3K. Mari wujudkan Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat," ungkap. Mohammad Isa. 

"Untuk itu, saya minta kepada instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk memberikan dukungan kepada RAPI dalam berkiprah menjalankan kegiatan kemanusiaan," pungkasnya. (as)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini