-->




Gubernur akan Buka Musyawarah VI DAD Kalbar

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Ketua DAD Kalimantan Barat, Jakius Sinyor. Foto:ist 
Pontianak, Suaraborneo.id - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji diagendakan akan membuka Musyawarah VI Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat, di Hotel Star, Jalan Gajahmada Pontianak, Jumat (20/01/2023) pukul 15.30 Wib. 

Pernyataan itu disampaikan panitia pelaksana kepada wartawan, Kamis malam. 

Selain itu, dari DAD Kabupaten Kota juga mengutuskan masing-masing tiga orang untuk menghadiri musyawarah ini. 

"Kita juga mengundang organisasi lintas Etnis seperti perkumpulan merah putih Kalimantan Barat," Jelas Thadeus Yus kepada wartawan, Kamis (19/01/2023) malam. 

Menurut Ketua Panitia, ada sejumlah aganda yang dilaksanakan dalam Musyawarah ini, meliputi Penyampaian Laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus periode sebelumnya dan pemilihan Ketua DAD periode 2023-2027.

Setelah pembukaan akan dilanjutkan dengan seminar tentang Sumber Daya Manusia (SDM) Dayak dan tentang pertanahan. 

Pemateri yang mengisi seminar tersebut yakni Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar. 

Setelah acara seminar dilanjutkan dengan penyampaian tata tertib (tatib) kegiatan Musyawarah, Pembahasan AD/ART, penyampaian LPJ Pengurus hingga Pemilihan Ketua DAD. 

Adapun peserta yang memiliki suara terdiri dari DAD 14 Kabupaten dan Kota, DAD Provinsi dan Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) dengan jumlah 16 hak suara. 

"Peserta yang memiliki hak pilih yang sudah mendapat mandat dari pengurus DAD Kabupaten dan Kota," katanya. 

Sementa itu, Ketua DAD Kalimantan Barat, Jakius Sinyor, memastikan, kegiatan ini bisa berjalan sukses sesuai ketentuan organisasi. Karna, sebagai Ketua DAD kegiatan ini menjadi tanggungjawab pihaknya secara penuh agar bisa berjalan lancar. 

Ia mengatakan, Musyawarah DAD Kalbar ini sebenarnya dilakukan beberapa bulan lalu. Namun, karena Pandemi Covid-19 dan adanya DAD Kabupaten Kota di Kalbar yang belum dilantik sehingga kegiatan ini baru bisa dilaksanakan saat ini. 

Dalam Musyawarah dirinya akan menyampaikan LPJ terkait apa saja yang dilakukan selama masa kepengurusannya. LPJ yang akan disampaikan semuanya sudah siap termasuk dokumentasi foto dari waktu ke waktu setiap kegiatan selama lima tahun. 

"Dalam musyawarah ini saya akan sampaikan laporan pertanggungjawaban saya sebagai pengurus sebelumnya," tuturnya. 

Ia memastikan akan kembali maju sebagai Ketua DAD Kalbar. Namun, terkait program apa yang akan disampaikan kedepan belum bisa diungkapkan saat ini dan akan disampaikan saat musyawarah nantinya.(TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini