-->

Warga Evakuasi Seekor Buaya di Danau Bika

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Seekor buaya Senyulong yang di evakuasi di dusun Ujung Pinang, desa Bika. Foto:ist 
Kapuas Hulu Kalbar, Suaraborneo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu bersama Muspika dan warga Bika mengevakuasi seekor Buaya Senyulong di Dusun Ujung Pinang, Desa Bika, Kamis (17/11/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Hulu, Gunawan menjelaskan bahwa Buaya Senyulong tersebut ditemukan warga di Danau Bika, pukul 11.00 WIB, Kamis (17/11/2022). Buaya itu tersangkut di pukat nelayan, Acin (45) warga Dusun Ujung Pinang. 

"Panjang buaya mencapai 2.80 meter dan lebar 31 centimeter dengan berat diperkirakan sekitar 80 kilogram," ujar Gunawan.

Evakuasi terhadap buaya tersebut selesai sekira Pukul  18.15 WIB. Usai evakuasi, buaya tersebut diserahkan ke BBTNBKDS untuk selanjutnya nanti akan diteruskan ke KSDA Kapuas Hulu.

 "Buaya ini akan dilepasliarkan kembali karena termasuk yang dilindungi," ujar Gunawan.

Sebagai informasi, Buaya Sepit atau Senyulong bernama latin, tomistoma schlegelii atau dalam bahasa Inggris false gharial adalah spesies mirip buaya namun bukan merupakan anggota genus buaya sejati (Crocodylus) yang ukuran tubuhnya lebih kecil dan pendek, dengan panjang maksimal hanya 3,5 meter. Bentuk moncong runcing serta sempit. (pkm/fd) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini