-->

Rapat Monitoring Pilkades Sintang oleh Kemendagri

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, didampingi Wakil Bupati Sintang, Melkianus saat mengikuti rapat secara virtual dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Sintang. Foto:pkm
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, didampingi Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengikuti rapat secara virtual dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Sintang, di Command Center Kantor Bupati Sintang, Selasa, 18 Oktober 2022. 

Ratna Andriani, Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri menyampaikan Kemendagri ingin memastikan agar pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022 di Kabupaten Sintang tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Maksimal pemilih dalam satu TPS adalah 500 pemilih, jadwal kedatangan pemilih juga agar diatur supaya tidak terjadi kerumunan. Analisa kami Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkades dari semua sisi. Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Sintang melaksanakan Pilkades. Jaga keamanan dan kondusifitas di Sintang. Pilkades rawan terjadi gesekan antar pendukung dan calon kades,” kata Ratna Andriani. 

Bupati Sintang, H. Jarot Winarno menyampaikan, Kabupaten Sintang sangat siap melaksanakan Pilkades Serentak Tahun6 2022 karena sudah berpengalaman melaksanakan Pilkades serentak sebelumnya. 

“Tahun 2021 lalu, Pilkades diikuti 291 desa, juga sangat aman dan lancar. Apalagi tahun ini hanya 72 desa. Kami yakin aman. Protokol kesehatan juga kami laksanakan meskipun kita masuk di level 1. Kami saat ini masih banjir, tetapi sudah kami lakukan antisipasi, dan akan lancar dan aman,” jelas Jarot Winarno. 

Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian menjelaskan, Polres Sintang fokus pada pengamanan proses pilkades dengan menurunkan 117 personil Polri yang ditempatkan di semua TPS.

“Sebanyak 117 anggota Polri yang kami terjunkan ini semuanya berasal dari Polsek-Polsek, mereka lebih paham kondisi dilapangan. Kami juga sudah melakukan analisa kerawanan keamanan saat Pilkades," ujarnya. 

Di Polres Sintang juga sudah menyiagakan pasukan penguatan sebanyak 45 personil. Kami juga meminta bantuan dari Polres Sekadau 30 personil, Kompi Brimob 30 personil dan Samapta Polda Kalbar ada 30 personil,” tambah Kapolres Sintang. 

Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono menjelaskan, untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak 2022, pihaknya sudah mengirim Babinsa yang ada di kecamatan ke desa-desa yang melaksanakan Pilkades. 

“Dari 72 desa yang melaksanakan Pilkades, kami mengirim 144 personil TNI untuk memantau dan mengamankan Pilkades. Pemkab Sintang juga memberikan dukungan untuk pergeseran pasukan, operasional dan logistik tim kami dilapangan,” tutup Kukuh Suharwiyono. (pkm) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini