-->

Kualitas Pengisian JPT Kementerian PANRB Sangat Baik

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini saat menerima penghargaan tersebut di Yogyakarta, Kamis (06/10). Foto:rr/hms
YOGYAKARTA, Suaraborneo.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendapatkan penghargaan atas hasil penilaian kualitas pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan kategori Sangat Baik. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai apresiasi dan dukungan terhadap instansi pemerintah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini menerima langsung penghargaan tersebut di Yogyakarta, Kamis (06/10). 

“Penghargaan ini pertama kali diadakan dan Kementerian PANRB berhasil mendapatkan predikat sangat baik. Ini membuktikan bahwa pelaksanaan sistem merit khususnya pengisian JPT di Kementerian PANRB benar-benar dilakukan dengan baik dan transparan,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.

Anugerah Kualitas Pengisian JPT merupakan bentuk apresiasi KASN kepada instansi pemerintah yang telah melaksanakan pengisian jabatan pimpinan tinggi melalui seleksi terbuka dan transparan. Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Total ada 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek. 

Adapun aspek penilaian menurut Ketua KASN mencakup lima dimensi, yakni dimensi persiapan pengisian JPT, dimensi pelaksanaan pengisian JPT, dimensi pelaporan pengisian JPT, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT, dan dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan. 

Pengisian JPT secara terbuka dan kompetitif merupakan bagian dari implementasi sistem merit pada aspek promosi dan mutasi. Ini merupakan salah satu aspek yang menjadi tantangan besar dalam penerapannya karena masih ditemukan beberapa pelanggaran dalam pelaksanaannya. 

“Semoga ini memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah lain agar terus meningkatkan kualitas penerapan sistem merit dalam pengisian JPT sehingga dapat mencapai kategori Baik dan Sangat Baik guna mewujudkan JPT yang berkualitas,” pungkasnya. (rr/hms) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini