-->

5 Danau di Kapuas Hulu Dilakukan Normalisasi

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat mendampingi Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus meninjau normalisasi Danau yang berada di Desa Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan. Sabtu (15/10/22) pagi. Foto:pkm
Kapuas Hulu Kalbar - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mendampingi Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus meninjau normalisasi Danau yang berada di Desa Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan. Sabtu (15/10/22) pagi. 

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengucapkan terimakasih kepada Lasarus selaku Ketua Komisi V DPR-RI yang telah menanggapi usulan dari pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terkait normalisasi Danau di kabupaten Kapuas Hulu khususnya di pusat kota Putussibau. 

"Di Kapuas Hulu ada 268 Danau diluar gugus Danau Sentarum, tahun ini ada 5 Danau di sekitaran kota Putussibau dilakukan normalisasi Danau," terang  Fransiskus Diaan.

Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini menyampaikan bahwa kegiatan normalisasi Danau tersebut dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat Kapuas Hulu. 

"Dampaknya sangat terasa sekali khususnya masyarakat di kota Putussibau karena jika musim hujan dulu itu sering banjir, sekarang hujan berhari-hari pun airnya tidak meluap langsung ke pemukiman masyarakat, selain itu air cepat surut," jelasnya. 

Bang Sis melanjutkan, terkait lahan yang sudah di sertifikat oleh masyarakat di wilayah normalisasi danau akan dikaji lagi kedepannya. 

"Hal tersebut memang tidak pernah tertangani sebelumnya, sehingga masyarakat melihat dan berinisiatif untuk membuat sertifikat. Ini nantinya akan kita telusuri kenapa sertifikat tanah bisa dikeluarkan oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karena wilayah Danau ini tidak boleh dikuasai oleh masyarakat,"  pungkasnya. (pkm) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini