-->

Warga Parit Nanas Gelar Tradisi Robo-Robo

Editor: Novia Dominika
Sebarkan:

Warga Teras Parit Nanas, Kelurahan Siantan Hulu, gelar Tradisi Robo-Robo
Pontianak - Masyarakat Melayu di kawasan Taman Wisata Parit Nanas, kelurahan Siantan Hulu, kecamatan Pontianak Utara, mengadakan tradisi Robo-Robo, di teras Parit Nanas, Rabu pagi (21/09/2022) pukul 07.00 Wib.

Dalam tradisi ini masing-masing warga membawa makanan khas melayu dari rumah untuk di konsumsi bersama dengan duduk melantai di Teras Parit Nanas. Warga yang hadir juga mengenakan pakaian teluk belanga Khas Melayu Kota Pontianak.

Sebelum acara makan-makan, terlebih dahulu dibacakan do’a selamat oleh seorang tokoh agama. Hal itu bertujuan agar memohon kepada Allah S.W.T agar masyarakat selalu diberi kesehatan dan keberkahan.

Panitia kegiatan, Rudy Darmadi, menjelaskan, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di Taman Teras Parit Nanas. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan adat melayu yang diwariskan oleh leluhur.

Selain untuk menjaga tradisi dan budaya, acara robo-robo juga dapat menjadi media silaturahmi antar warga dalam menjaga kearifan lokak.

“Mudah-mudahan dengan demikian terjaga kearifan lokal serta dapat mengambil hikmah dari kegiatan robo-bobo ini,” kata Rudy Darmadi.

Rudy berharap kedepan kegiatan robo-robo di daerah ini bisa dikemas semenarik mungkin dan lebih meriah dengan makin banyaknya masyarakat yang bergabung, serta menjadikan Teras Parit Nanas sebagai pusat robo-robo di Kota Pontianak.

Sementara itu, Lurah Siantan Hulu, Tirta Arifin, mengapresiasi warganya yang telah melaksanakan tradisi robo-robo. Ia berharap agar kedepan acara ini dapat diagendakan kembali. Secara fasilitas pemerintah sangat mensuport.

“Mudah-mudahan kedepan dapat diagendakan kembali kegiatan serupa yakni kita melestarikan budaya kita,” harapnya.

Lurah Siantan Hulu juga berpesan mengajak generasi muda agar bisa bersama masyarakat dan pemerintah dalam menjaga tradisi dan budaya sehingga dapat menghasilkan hal yang positif, terlebih saat ini banyak tradisi dan budaya yang mungkin belum diketahui oleh generasi muda.

“Generasi muda mari kita bersama-sama kita jaga tradisi dan budaya kita di Kota Pontianak, karena memang masih banyak budaya-budaya kita yang perlu dilestarikan,” ajaknya. (TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini