-->


Pengurus DPC PIKI Sanggau Periode 2022 - 2027 Dilantik

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Pelantikan pengurus dewan pimpinan cabang persatuan intelegensia kristen Indonesia (DPC PIKI) Kabupaten Sanggau masa bakti 2022-2027.
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri  pelantikan pengurus dewan pimpinan cabang persatuan intelegensia kristen Indonesia (DPC PIKI) Kabupaten Sanggau masa bakti 2022-2027. Selasa, (6/9/2022).

Pengukuhan pengurus DPC PIKI Sanggau dilakukan Ketua DPD PIKI Kalbar, TTA Nyarong dan disaksikan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dan jajaran Forkompimda Sanggau. Dan dihadiri juga Ketua atau pengurus organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Sanggau. 

"Kita berharap kehadiran PIKI di Sanggau mampu menjadi organisasi mitra pemerintah untuk memikirkan bagaimana membangun Sanggau ini, terutama dari sisi keimaman. Dan tidak hanya itu, mungkin berbagai aspek, tapi yang menjadi titik beratnya adalah bagaimana dia membangun sebuah kekuatan intelegensia dan juga dari sisi spiritualitas. Dan Sesuai visi misi kita, bagaimana membangun Sanggau dari sisi budaya dan imam,"kata Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot. 

Oleh karena itu, Ontot berharap DPC PIKI Sanggau mampu berkolaborasi dengan banyak organisasi kemasyarakatan yang lain. "Ini salah satu wujud nyata yang bersifat non fisik, kalau ini mampu dilakukan. Dia mampu menjadi daya perekat bagi semua organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Sanggau. Dan membantu pemerintah bagaimana menciptakan Sanggau yang damai, harmonis untuk menjadi Sanggau yang berbudaya dan beriman,"jelasnya.

Disisi lain, Ontot juga berharap agar PIKI mampu mengakomodir seluruh potensi PIKI yang ada diluar kepengurusan. Menurutnya yang dikepengurusan ini hanya sebagian kecil saja, tapi mungkin lebih banyak lagi, karena denominasi Gereja Kristen yang ada di Sanggau ini ada 45.

"Pasti banyak potensi sumber daya manusianya terkait dengan mereka yang memiliki kemampuan intelegensia yang hebat. Nanti PIKI ini bisa melacak sarjana disemua  denominasi itu, oleh karena itu nanti dia mampu menjadi terang bagi semua orang yang ada ditingkat tataran bawah,"ujarnya.

Selain itu, PIKI juga harus mampu mendorong dari berbagai aspek pembangunan, baik ekonomi, budaya dan lain-lain. "Kemudian juga harus menjadi penyuluh, terutama dibidang keimanan,"jelasnya.

Sebagai mitra Pemda Sanggau, Ontot berharap hubungan silahturahmi dengan Pemerintah jangan sampai terputus, karena tentunya sangat membutuhkan Ormas untuk membantu Pemerintah. "Selamat bagi pengurus yang baru dilantik,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PIKI Kalbar, TTA Nyarong mengucapkan selamat kepada pengurus DPC PIKI Kabupaten Sanggau yang sudah dilantik. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dan jajaran Forkompimda serta undangan yang telah menghadiri kegiatan pelantikan ini.

Selain itu, ia juga berharap agar pengurus PIKI ini mampu memberikan masukan kepada Pemerintah. 

Ketua DPC PIKI Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan bahwa pasca dilantiknya kepengurusan DPC PIKI ini, selanjutnya akan menyusun program-program kerja untuk lima tahun kedepan.

"Karena PIKI ini merupakan wadah dan saluran bagi kaum intelektual yang mempunyai tingkat kecerdasan intelektual sekaligus punya tingkat kecerdasan spiritual. Maka diharapkan melalui penyusunan program kerja itu memberikan kontribusi nyata,"katanya.

Jadi lanjut Kepala Dinas Kesehatan Sanggau itu, ada dua jenis kegiatan PIKI. Pertama adalah berkaitan langsung dengan aksi di masyarakat dan kedua yang  tidak langsung dengan masyarakat, yaitu melalui pemikiran-pemikiran, kajian-kajian.

"Tentu berdasarkan data-data, fakta-fakta, sehingga dihasilkanlah suatu hasil pemikiran yang rasional, yang sifatnya konstruktif, sifatnya membangun yang kita sampaikan kepada pemerintah, stakeholder atau pemangku kepentingan,"ujarnya.

Dengan begitu, maka organisasi PIKI yang merupakan wadah dari kaum intelektual yang punya tingkat kecerdasan spiritual dan intelektual itu memberikan kontribusi nyata. "Artinya menerangi masalah-masalah, menerangi kegelapan berdasarkan semangat salib yaitu semangat pengorbanan dan semangat kasih,"ujarnya. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini