-->

Pemkab Sintang Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat DESA Kayu Dujung

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Kayu Dujung pasca banjir bandang. Foto:hm
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Usai banjir bandang yang terjadi di Desa Kayu Dujung, Kecamatan Ketungau Tengah, pada 2 September 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Sintang, yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sintang, Melkianus, bersama Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Kayu Dujung yang terdampak banjir bandang, pada Senin, (5/9/2022). 

Wakil Bupati Sintang, Melkianus, merasa  prihatin atas terjadinya banjir bandang yang melanda Desa Kayu Dujung, Kecamatan Ketungau Tengah. 

“Pak Bupati, saya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang turut prihatin atas musibah yang terjadi. Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang ikut merasakan apa yang bapak ibu rasakan semua, sehingga hari ini (Senin, 5/9/2022), kami datang ke tempat bapak/ibu di Desa Kayu Dujung, kami hadir ditengah masyarakat, kami memberikan bantuan. Jangan melihat jumlah dan nilainya, tetapi bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat terdampak itu ada dan wajib dibantu, kepedulian ini tidak hanya dari Pemda Sintang, akan tetapi Pemprov hingga Pemerintah Pusat juga peduli kepada masyarakat,” ungkapnya. 

Melkianus menjelaskan bahwa saat ini status tanggap darurat sudah dinaikkan. 

“Sebelum berkunjung ke Desa Kayu Dujung Kecamatan Ketungau Tengah ini, kami di Sintang sudah melakukan rapat terkait kondisi di Desa Kayu Dujung, dan dalam rapat tersebut kami lakukan penetapan kenaikan status bencana dari Siaga Bencana menjadi Darurat Bencana, mengingat sudah ada beberapa kecamatan di Sintang yang terjadi banjir dan tanah longsor,” ujarnya. 

Terkait bantuan yang diserahkan, lanjut Wakil Bupati Sintang, bahwa bantuan yang dikirim dari Sintang sedang dalam perjalanan menuju ke Desa Kayu Dujung Kecamatan Ketungau Tengah. 

“Hari ini kami serahkan bantuan secara simbolis," kata dia. 

“Imbauan kami kepada masyarakat, bahwa menurut informasi dari BMKG bahwa hujan yang ekstrim akan terjadi pada tanggal 7-8 September 2022, dan akan menurun itu ditanggal 10 September 2022, prediksi sampai Desember 2022 hujan terus, oleh sebab itu kita berharap kepada seluruh masyarakat selalu mewaspadai terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan saja, dan juga terkhusus untuk didaerah rawan tanah longsor, saya minta kepada masyarakat kurangi aktivitas-aktivitas ke daerah rawan longsor, mengingat potensi-potensi tanah longsor bisa kapan saja terjadi, batasi diri, jangan mendekati daerah yang rawan longsor,” pungkasnya. (hm). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini