-->

Pemerintah Harus Memiliki Terobosan Dalam Memberdayakan Koperasi dan UMKM

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Dalam rangka meningkatkan sektor perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sintang diharapkan untuk memberdayakan Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

Hal ini dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus kepada wartawan, Rabu (13/4/2022). 

Menurut dia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka memberdayakan Koperasi dan UMKM tersebut di antaranya melalui segi pendanaan maupun dari bimbingan atau pembinaan bagi para pelaku usaha tersebut.

“Untuk itu pemerintah harus memiliki terobosan dalam memberdayakan Koperasi dan UMKM ini,” ucap politisi Partai PDI Perjuangan ini.

Dijelaskannya, memang untuk saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa sektor-sektor usaha masih di dominasi oleh lapangan usaha besar saja, namun yang menjadi catatan sektor Koperasi dan UMKM nyatanya hingga saat ini masih bertahan.

Sehingga dari hal tersebut, kata dia, tentunya Pemerintah Daerah harus bisa melihat potensi sektor perekonomian yang berkembang dari Koperasi dan UMKM tersebut agar nantinya sektor usaha tidak hanya didominasi oleh lapangan usaha yang besar.

Selain itu, Welbertus menyarankan kepada masyarakat agar dapat melakukan inovasi terhadap sektor usaha tersebut. Misalnya para pelaku usaha yang bergerak dibidang kerajinan tangan dalam lingkup industri rumahan, kedepannya bisa ditingkatkan menjadi industri kreatif yang lebih profesional dan mampu bersaing.

Apalagi jika para pengrajin yang saat ini masih menggunakan metode dan peralatan manual, ketika dibantu oleh Pemerintah baik itu dari segi peralatan dan bimbingan maka hasil produknya tidak akan kalah bersaing dengan pengrajin dari luar daerah.

“Sebagai contoh, saat Peresmian Bandara Tebelian tahun lalu, kita lihat Presiden Jokowi mengenakan jaket bomber dengan motif manuk sabung. Jaket itu dibeli Jokowi saat melihat produksi UMKM setempat yang digelar di sebuah sudut ruang bandara. Hal semacam inilah yang ingin kita kembangkan, agar UMKM kita bisa go internasional,” pungkasnya. (tm). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini