-->

Ketua AMSI Kalbar Imbau Rekan-rekan Wartawan Ikut UKW

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Barat, Kundori
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Barat, Kundori mengatakan, dalam waktu dekat akan ada Uji Kompetensi Wartawan yang digelar oleh Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta di Pontianak.

"Silakan teman-teman wartawan untuk minta rekomendasi dari Pimpinan Media masing-masing untuk mendaftar sebagai peserta," kata Kundori kepada Suaraborneo.id," Kamis (14/4 /2022).

Nanti kata dia, akan diuji, nanti akan dilakukan simulasi-simulasi seperti yang dilakukan sehari-hari sebagai wartawan, mulai dari teknik wawancara dan lain-lain.

"Dalam UKW ada beberapa jenjang, seperti jenjang Muda sebagai wartawan, jenjang Madya sebagai editor dan jenjang Utama sebagai Pemimpin Redaksi. Jadi ada tiga jenjang," jelasnya

Kundori menyebut, untuk memenuhi 3 jenjang tersebut ada syarat-syarat tersendiri seperti, jenjang Muda minimal jadi wartawan selama 1 tahun, jenjang Madya minimal 2 tahun dan untuk jenjang Utama minimal 3 tahun.

"Jadi, dari jenjang Muda ke jenjang Utama itu 5 tahun," katanya

"Yang sudah mengantongi sertifikat UKW  juga jangan merasa bangga karena itu merupakan beban tersendiri untuk melakukan jurnalistik lnya sehari-hari," pungkasnya. (as).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini