RAPI Sekadau Gelar Rakor, Bahas Program Kegiatan

Sebarkan:

Jajaran Pengurus RAPI Masa Bhakti 2021-2025 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id – Setelah Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-1 Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Kabupaten Sekadau pada 19 Desember 2021 lalu. Jajaran Pengurus RAPI Masa Bhakti 2021-2025 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pada Senin (28/3/2022) malam.

“Terimakasih kepada jajaran anggota dan pengurus RAPI, meski di Sekadau baru berdiri atau baru dibentuk tapi sudah menjalankan program salah satunya Bantuan Komunikasi (Bankom) saat Natal dan Tahun Baru, Imlek dan olahraga pada event turnamen menembak Perbakin. Nah lama waktu dekat juga akan Bankom Hari Raya Idulfitri,” kata Ketua RAPI Wilayah 13 Sekadau, Kundori (JZ21LKD) disela memimpin rapat.

Kundori memaparkan, untuk Rakerwil belum kita laksanakan, karena beberapa hari lalu baru digelar Rakernas, nantinya akan dilanjutkan Rakerda tingkat provinsi Kalbar. 

“Nah, baru kita RAPI wilayah menindaklanjuti hasil-hasil Rakernas untuk kita jalankan di tingkat wilayah,” ujarnya. 

Rapat dan diskusi yang digelar di salah satu café di Sekadau tersebut berlangsung banyak beberapa agenda dalam jangka pendek khususnya pada tahun 2022.  

“Kami berharap anggota RAPI tetap menjaga solidaritas, pertama mengenai perangkat radio memang perlu dibangun RPU atau repiter untuk lebih membantu jangkauan pengguna HT,” kata Wakil Ketua II, Asmuni (JZ21AJH).

Selanjutnya dari Fransisco Wardianus (JZ21AON) selaku Koordinator Bagian Hukum, Inovasi dan Litbang juga memberikan masukan agar RAPI yang baru berumur jagung ini terus melakukan terobosan salah satunya menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang satu misi sosial dan kemanusian.

“RAPI di Pusat sudah ada MoU dengan BNPB, kami berharap Sekadau bisa juga dijalin kerjasama dengan BPBD, apalagi kita juga satu misi dalam komunikasi kebencanaan,” kata Mejeng panggilan akrabnya.

Kembali, Kundori menyimpulkan dari hasil rapat dalam waktu dekat jajaran RAPI Sekadau akan melakukan audiensi dengan Bupati, Dinas Kominfo, BPBD, Kapolres, Kajari dan Dandim. 

“Kita akan melakukan audiensi untuk menyampaikan tentang keberadaan RAPI yang siap membantu program-program sosial dan kemanusiaan dalam bidang komunikasi,” ujar Kundori.

Sedangkan untuk program kegiatan pada 2022 diantaranya, menjalankan program rutin yakni Bankom pada hari  besar keagamaan, Bankom kegiatan event sosial dan olahraga, Bankom kebencanaan dan Bankom lainnya.

“Kita juga akan menggelar kegiatan event lain pada saat momen hari ulang tahun RAPI Nasional dan ulang tahun RAPI Wilayah Sekadau. Mudah-mudahan bisa kita rangkai kegiatan seperti pelatihan SAR, pelatihan pemadam kebakaran kerjasama dengan Basarnas dan BPBD,” kata Kundori.

Kundori mebambahkan, untuk internal anggota RAPI juga akan digelar Bimbingan Organisasi (BO), karena ini wajib bagi setiap anggota untuk memiliki sertipikat BO sebagai syarat dalam perpanjangan izin komunikasi.

“Nah, hasil rapat juga kawan-kawan akan melakukan program arisan anggota untuk ajang silaturahmi dan konsolidasi setiap bulan. Kita sebagai anggota juga dituntut untuk saling menjalin solidaritas antar anggota,” pungkas Kundori yang Founder Suara Media Group/Network ini. **

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini