Puslitbang Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat di Polres Bengkayang

Sebarkan:

Penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri TA. 2022, di Polres Bengkayang oleh Tim Puslitbang Polri
Bengkayang Kalbar, Suaraborneo.id – Polres Bengkayang Polda Kalbar mendapat kunjungan dari Tim Puslitbang Polri dalam rangka penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri TA. 2022, di Polres Bengkayang, Rabu (23/02/22).

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombespol Safeudin Mohammad, S.I.K, tiba di Polres Bengkayang dengan didampingi oleh Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K.

Penelitian dari Puslitbang Polri menghadirkan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta para anggota pengempan fungsi pelayanan.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K berharap penelitian yang dilakukan oleh Puslitbang Polri dapat memberikan masukan untuk peningkatan pelayanan Polri kedepan.

“Kami berharap apa yang diteliti di Kabupaten Bengkayang ini tentang kepecayaan masyarakat terhadap Polri tercapai sehingga kami Polres Bengkayang kedepan mendapatkan masukan dan mendapatkan predikat sehingga kedepan kami akan lebih baik bekerja, lebih profesional dalam bekerja,” ungkapnya 

Sementara itu, Kombespol Safeudin Mohammad mengatkan, salah satu tugas Puslitbang Polri adalah melakukan penelitian, pengkajian, dan riset terkait operasional maupun pembinaan dengan harapan Puslitbang Polri dapat memberikan support untuk mewujudkan Polri yang Presisi.

“Kita ketahui bersama bahwa pelayanan Kepolisian kepada masyarakat sering menjadi sorotan dari berbagai bidang, baik masyarakat, akademisi, praktisi, media massa dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa kepercayaan masyarakat menjadi instrument penting untuk mengukur sejauh mana Polri memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya 

Ia menambahkan, keberhasilan-keberhasilan Polri dalam pengungkapan kasus-kasus Narkoba, Terorisme dan lain sebagainya pada prinsipnya sudah bisa diterima masyarakat bahkan dunia internasional pun mengakuinya.

“Namun disisi lain pelayanan kepada masyarakat belum baik dianggap masyarakat, oleh sebab itu Puslitbang Polri mengadakan penelitian kepercayaan masyarakat dari tahun 2015 hingga 2021, begitu juga eksternal Kepolisian juga melakukan penelitian kepercayaan masyarakat. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat merupakan program prioritas Kapolri untuk mengetahui sejauhmana Polri memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya 

Menurut Kombespol Safeudin Mohammad, nilai tingkat kepercayaan masyarakat di Polres Bengkayang sebesar 84,1 dengan kategori sangat baik dengan rincian Fungsi Binmas 83,43, Fungsi Intelkam 82,92, Fungsi Lantas 88,37, Fungsi Reskrim 82,41 dan Fungsi Sabhara 84,93.

“Dari hasil ini kita akan melakukan pendalaman internal Kepolisian petugas pelayanan itu sendiri dan ekternal masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari Kepolisian,” paparnya.

“Saya berharap, didapakan informasi , masukan yang benar-benar valid yang dapat kami jadikan kajian untuk memberikan masukan kepada pimpinan Polri sehingga Polri dapat menentukan arah kebijakan guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga tingkat kepercayaan masyarakat menjadi lebih baik,” tutupnya. (humas).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini