Gunakan Dana CSR, PT. KSP Mulai Perbaiki Jalan Poros Utama

Sebarkan:

General Manajer PT. KSP, Fahrurrazi Lubis (kiri) dan alat berat yang sedang bekerja di SP 8 desa Kumpang Ilong 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Dengan menggunakan Corporate Social Responbility (CSR), PT. Kalimantan Sanggar Pusaka (KSP) mulai memperbaiki jalan kebun khususnya jalan-jalan poros utama. General Manajer (GM) PT. KSP, Fahrurrazi Lubis mengatakan, saat ini pihaknya (PT. KSP) sedang memperbaiki jalan poros di SP 8 desa Kumpang Ilong. 

Saat ini kami ada kegiatan CSR dari PT. KSP di SP 8, kita mencoba untuk merangkul petani-petani kita yang selama ini sedikit ada jarak. Kita berharap dengan hadirnya kami, jarak yang selama ini terputus bisa untuk didekatkan kembali," kata Fahrurrazi Lubis kepada Suaraborneo.id, Jum'at (18/2/2022). 

"Kita mencoba berkoordinasi dengan salah satu pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) di SP 8 yakni Pak Hermanto alias Laman. Oleh beliau berkoordinasi di level KUD di SP 8 untuk koordinasi selanjutnya," tambahnya 

"Saat itu kita kumpul semua bersama pengurus-pengurus KUD, hadir juga Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan seluruh anggota KUD untuk duduk bersama sehingga timbul suatu wacana untuk kembali bermitra. Saat itu saya menyampaikan, untuk bisa bisa menunjukkan perhatian perusahaan terhadap KUD yang ada di SP 8 dengan melakukan perbaikan jalan poros utama sampai kearah pemukiman penduduk. Nanti, oleh pengurus KUD untuk dilanjutkan perbaikan jalan-jalan yang ada di dalam kebun," paparnya 

Saat ini kata dia, pihaknya masih fokus memperbaiki jalan poros utama. 

"Harapan kami ini menjadi titik awal supaya petani-petani yang ada di SP 8 kembali kepada kita dan bersyukur sudah adah ada beberapa petani kita yang mengarahkan Tandan Buah Segar (TBS) ke pabrik PKS PT. KSP. Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut dan terus akan berkomitmen dengan pengurus KUD yang lain yang masuk dalam PT. KSP maupun PT. KBP," ujarnya 

"Salah satu yang bisa kami tunjukkan adalah perbaikan infrastruktur sekaligus kita lebih banyak melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan pengurus-pengurus KUD yang ada di wilayah PT. KSP, PT. KBP dan termasuk para petani anggota KUD tersebut," tambahnya 

Saat ini sambung Fahrurrazi, pihaknya juga sedang memperbaiki jalan di wilayah PT. KBP di desa Sengkabang, desa Sungai Tapah dan beberapa jalan yang menuju ke kebun PT. KBP. 

"Kita juga ada perbaikan jalan menuju Kecamatan Belitang dan sudah kita selesaikan satu unit jembatan karena kondisi memang sudah rusak parah. Saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan," tutup Fahrurrazi Lubis. 

Di tempat yang sama, Ketua Wadah Kerjasama Antar KUD SP 8, Hermanto alias Laman mengatakan, sesuai hasil rapat antara  pihak perusahaan dan 3 KUD yang ada di SP 8, untuk menindak lanjuti kondisi jalan yang rusak parah, maka diambil suatau keputusan bersama membentuk suatu wadah. 

Wadah itu disebut wadah kerjasama antara KUD yang merupakan link koordinasi antara pihak perusahaan dengan pihak KUD dan petani yang ada di SP 8. Nanti wadah itu yang akan mengatur teknis-teknis pekerjaan yang ada khususnya di SP 8. 

"Dan tugas wadah ini skala prioritasnya mengurus jalan poros dari SP 8 ke permukiman-permukiman yang ada di SP 8. Setelah jalan poros terkonek semuanya atau selesai, maka akan mengurus jalan poros yang ada di kebun petani," pungkasnya. (as)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini