Bupati Sis Hadiri Ekaristi Kudus Pemberkatan Pemakaman Balianga Suanselo

Sebarkan:

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H. 
Kapuas Hulu Kalbar, Suaraborneo.id - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri acara perayaan ekaristi kudus pemberkatan pemakaman "balianga suanselo" di desa ariung mendalam, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Selasa (06/12/2021). 

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, dilihat dari rangkaian acara pemindahan dari perkuburan lama ke perkuburan baru, tergambar jelas nuansa adat yang digunakan dalam prosesi pemindahan ini, dimana rangkayan acara ini diawali dengan prosesi berupa timang menyombang yaitu salah satu bentuk remisi ke 15 jenazah ini dari tempat yang lama ke tempat yang baru. 

"Dilanjutkan dengan upacara adat pamindara yang mempunyai makna, agar kita semuanya yang mengerjakan kegiatan ini, mendapat keselamatan dari tuhan yang maha kuasa," ucapnya. 

Kata Bupati Sis, Prosesi ini pula diiringi dengan musik tetanuhan serta atribut - atribut lainya, yang bernuansa adat suku dayak taman, kemudian ditempatkan di "balaianga suanselo" dimana bangunan ini merupakan perpaduan dari ciri khas budaya dayak taman, dan di dalamnya berbagai ornamen aksesoris agama Katolik. 

"Ini sudah barang tentu bahwa pelaksanaan perpindahan maupun tempat ini masih sangat kental nuansa adatnya. Untuk itu kami secara pribadi maupun pemda Kapuas Hulu, merasa senang hal ini dikarenakan walaupun kita sudah hidup dimasa yang modern, kita tidak lupa terhadap adat istiadat dan budaya dari leluhur kita," ujarnya. 

Dalam mengikuti perayaan ekaristi kudus ini ujar Bupati Sis, dengan jelas tergambarkan ikulturasi gereja Katolik, dan budaya suku dayak Taman, dimana lagu lagu yang dinyanyikan selama perayaan ekaristi ini, ada yang berbahasa latin bahasa dayak Taman dan bahasa dayak Tamanmbaloh. Dalam perayaan misa kudus yang bernuansa ikulturatif, dirinya secara pribadi merasa senang dan bersukacita, walaupun kita dalam situasi berdoa untuk pemberkatan pemakaman sekaligus mendoakan 15  jenazah kaum keluarga yang telah meningal dunia. 

"Harapan kita melalui perayaan misa ekaristi kudus ini, iman kita semakin dikuatkan dan diteguhkan akan kehadiran alah di tempat ini, untuk memberikan keselamatan bagi kita semua," tuturnya

"Saya berdoa kepada ke 15 jenazah ini, jiwa - jiwa mareka bahagia bersama para kudus di surga, serta mareka memperoleh keselamatan kekal di kerajaan surgawi yang abadi, dan semoga mareka yang telah mendahului kita ini, menjadi pendoa bagi kita semua," pungkasnya. (hms/FD).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini