PU Fraksi-fraksi DPRD Terhadap APBD Kabupaten Sekadau Tahun 2022

Sebarkan:

Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - DPRD Kabupaten Sekadau melaksanakan rapat Paripurna ke- 9 masa persidangan ke - 1 dengan agenda, penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi (PU Fraksi) DPRD Kabupaten Sekadau terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2022, bertempat di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Sekadau. Kamis(18/11/2021) 

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sekadau, Handi dan didampingi Wakil Ketua II, Zainal. 

Masing-masing Fraksi di DPRD Kabupaten Sekadau yang terdiri dari 8 (delapan) Fraksi yaitu Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Hanura, Fraksi Partai Persatuan, Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan Pemandangan Umum terhadap APBD Kabupaten Sekadau tahun angaran 2022.

Salah satunya Pemandangan Umum dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan juru bicara Bambang Setiawan mengatakan, APBD merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pelayanan paling konkrit yang didalamnya meliputi program prioritas dan arah kebijakan keuangan pemerintah dalam 1 tahun anggaran. 

Menurutnya, Fraksi PDIP melihat dalam merealisasikan pelaksanaan APBD tahun 2022 pemerintah Kabupaten Sekadau masih dihadapi oleh berbagai unsur strategis yaitu:

1. Ketersediaan kualitas infrastruktur jalan yang menghubungkan beberapa wilayah masih belum merata

2. Belum meratanya akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan 

3. Keterbatasan sumber daya manusia sarana dan prasarana yang belum memadai serta pelayanan publik belum optimal

4. Rendahnya produktivitas dan pendapatan usaha mikro kecil serta kesejahteraan petani masih relatif rendah 

5. Kualitas tata kelola kepemerintahan relatif masih rendah. 

Bambang Setiawan menyampaikan untuk lebih menyempurnakan pemandangan umum fraksi terhadap APBD tahun anggaran 2022, perkenankan Fraksi PDI Perjuangan untuk mendapatkan jawaban dari langkah strategis terkait dengan bentuk sasaran dan target pemerintah Sebagai berikut. 

"Dari 5 langkah-langkah strategis prioritas pembangunan apakah setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah mengkoordinasikan programnya secara lintas sektoral agar bisa merealisasi percepatan pembangunan Kabupaten Sekadau secara optimal, sudahkah setiap SKPD memahami fungsi dan tugasnya dalam mewujudkan 5 prioritas tersebut dan apa indikator jika kita dihadapkan oleh target prioritas pembangunan yang dicanangkan," pungkasnya. 

Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, 15 Anggota DPRD,  OPD, Sekretaris Dewan dan staf lainnya serta tamu undangan. (tim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini