Warga Kayan Hilir Mengungsi Akibat Banjir

Sebarkan:

Kondisi banjir di Kecamatan Kayan Hilir 

Sintang Kalbar, suaraborneo.id - Sejumlah desa di Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang direndam banjir, Rabu (14/7/2021).


Banjir ini akibat Sungai Inggar meluap, sehingga membuat rumah warga ikut terendam. Adapun desa yang terdampak banjir di daerah Kayan Hilir yakni Desa Neran Baya, Desa Sungai Buaya, Desa Sungai Garung, dan Desa Pakak.


Tokoh Pemuda Kecamatan Kayan Hilir, Berunai, menjelaskan, akibat banjir ini hampir semua rumah warga di bantaran Sungai Inggar terkena dampak. Banjir ini memiliki ketinggian bervariasi, antara satu hingga dua meter.


“Banjir bandang yang kesekian kali melanda beberapa desa di jalur Sungai Inggar. Hujan yang terjadi sejak hari Selasa kemaren memang membuat arus air tak terbendung lagi,” kata Berunai, Rabu (14/7/2021) sore.


Tak hanya membuat rumah warga terendam, banjir juga membuat akses transportasi putus hingga aktivitas masyarakat lumpuh total. Berunai memperkirakan banjir ini akan terus naik hingga malam hari, terlebih di wilayah Kayan Hilir masih diguyur hujan.


Masyarakat yang rumahnya terdampak cukup parah sudah ada yang mengungsi ke tempat yang lebih aman. 


“Ada mereka yang mengungsi hanya belum terdata akurat, karena malam ini ada beberapa rumah sampai separuh rumah lebih yang tergenang air,” pungkasnya.(TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini