Pengurus PDKS Tayan Hulu Periode 2021-2025

Sebarkan:


Sanggau, suaraborneo.id - Ketua Umum Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) Yuvenalis Krismono mengukuhkan pengurus DPC PDKS Kecamatan Tayan Hilir periode 2021-2025 di Aula Paroki Kristus Raja Sosok, Sabtu (12/6/2021) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Ketua PDKS Kecamatan Tayan Hulu Heriyanto beserta pengurus, dua anggota DPRD Kalbar yakni Fransiskus Ason dan Fransiskus Suwondo, tiga anggota DPRD Sanggau yaitu Robby Sugianto, Heri Wijaya dan Yeremias Marsilinus, Camat Tayan Hulu Inosensius Nono, Sekretaris DAD Kecamatan Tayan Hulu Beno dan perwakilan Forkopimcam. 


Ketua Umum PDKS Yuvenalis Krismono mengatakan, dengan dikukuhkannya DPC PDKS Kecamatan Tayan Hulu, maka sudah lima DPC PDKS di Kabupaten Sanggau yang sudah dikukuhkan. Yaitu Meliau, Kembayan, Tayan Hilir, Jangkang dan Tayan Hulu.


"Sesuai program kita, maka pengukuhan pengurus di kecamatan lain akan terus dilakukan. Dengan begitu roda organisasi akan berjalan baik," ujarnya.


Krismono yang juga anggota DPRD Sanggau dari Partai Nasdem ini berharap, kepengurusan baru yang sudah dikukuhkan ini langsung bergerak untuk membentuk pengurus di 11 desa yang ada di Kecamatan Tayan Hulu.


"Ajak seluruh pemuda Dayak di desa untuk menjadi bagian dari PDKS. Pesan saya, jaga kekompakan dan kebersamaan. Kemudian kembangkan dan lestarikan adat istiadat dan budaya kita. Semoga PDKS Tayan Hulu bisa bermanfaat bagi masyarakat sampai ke kampung-kampung" ujarnya.


Sebagai mitra pemerintah daerah Krismono juga meminta PDKS Tayan Hulu untuk terus menjalin komunikasi yang baik bersama organisasi masyarakat lainnya. 


"Mari kita bersama-sama berkontribusi untuk daerah. Terutama dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kita harus membantu pemerintah daerah untuk mengkampanyekan protokol kesehatan serta mengajak masyarakat untuk patuh protokol kesehatan dan ketentuan lain selama PPKM mikro diterapkan," ucapnya.


Harapan juga disampaikan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot kepada kepengurusan baru PDKS Kecamatan Tayan Hulu. Ia berharap, selain terus menggali, mengembangkan dan melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada, PDKS juga harus bisa menjadi organisasi yang mampu mengayomi masyarakat adat lain yang ada di Kabupaten Sanggau.


"Masyarakat adat Dayak ini kan lebih besar dari masyarakat adat yang lain. Oleh karena itu, PDKS harus mampu melindungi, mengajak, berdiskusi, berkomunikasi dengan organisasi lain. Dengan begitu, akan menjadi kekuatan besar untuk bersama-sama membangun Sanggau," ujarnya.


Membangun ini, lanjut Ontot yang juga Dewan Penasehat DPP PDKS ini, bisa juga dalam bentuk memberikan saran, masukan dan kritik yang sifatnya membangun. Termasuk membantu pemerintah daerah mencegah penularan Covid-19.


"Di sinilah salah satu peran PDKS dan organisasi lainnya dalam membantu pemerintah daerah. Menjelaskan kepada masyarakat kenapa harus pakai masker, kenapa harus mencuci tangan pakai sabun dan sebagainya," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua PDKS Kecamatan Tayan Hulu Heriyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPP PDKS yang telah mengukuhkan pengurus PDKS Kecamatan Tayan Hulu periode 2021-2025. 


"Setelah ini, kami akan segera membentuk pengurus di tingkat desa. Dan di kepengurusan PDKS Kecamatan Tayan Hulu ini, semua desa ada keterwakilan. Harapannya, keterwakilan setiap desa ini mempermudah kami membangun komunikasi untuk membentuk kepengurusan di tingkat desa," ujarnya.


Kemudian, Heriyanto yang juga Kepala Desa Binjai ini menambahkan, pihaknya juga akan membangun komunikasi dan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kecamatan Tayan Hulu. 


"Baik itu dengan pemerintah kecamatan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan lain serta pihak swasta. Terutama untuk membantu pemerintah daerah pencegah penularan Covid-19 di Kecamatan Tayan Hulu," pungkasnya. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini