Jelang HUT Kota Sanggau Ke-405, Masyarakat Lintang Gelar Ritual di Tembawang Balek Angin

Sebarkan:

Ritual adat

SANGGAU, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri kegiatan Ritual Adat di tembawang balek angin atau tempat keramatnya Ine'ek Siyot yang merupakan salah satu cikal bakal berdirinya kota Sanggau di Desa Lintang Kapuas, Kabupaten Sanggau dalam rangka menjelang peringatan hari jadi kota Sanggau yang ke-405 pada 4 april mendatang. Kamis, (25/3/2021).


Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, ritual adat di tembawang Ine'ek Siyot ini sudah menjadi even tahunan Pemkab Sanggau dan sudah dilakukan sejak lima tahun terakhir.


"Ritual ini dilakukan guna melestarikan tradisi adat yang sudah ada agar bisa berkembang sampai anak cucu," kata Yohanes Ontot.


"Karena Ine'ek Siyot ini merupakan salah satu cikal bakal berdirinya kota Sanggau. Inilah sebagai bentuk mengenang jasanya," tambahnya.


"Sabang Merah artinya Sanggau Bangga Mengukir Sejarah," tutupnya.


Sementara itu, tukang pomang, Andreas Kolas mengatakan, selain sebagai cikal bakal berdirinya kota Sanggau, Ine'ek siyot ini juga merupakan sejarah keturunan masyarakat dayak Pompang. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini